DAILY ACTIVITY (INDONESIAN VERSION)

DAILY ACTIVITY



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

   Hollaa guyss, kembali lagi ke kitchen nightmares, lanjut lagi kegiatan saya di kitchen pada hari ini. Pada hari ini, hari selasa kami masih mempelajari tentang table d'hote menu dimana hidangan yang akan di sajikan hari ini telah kita siapkan kemarin. Pagi ini saya datang pada pukul 07.45 dan kami memulai aktifitas pada pukul 08.00 dan langsung oneline, lalu kami di absen oleh supervisor sekaligus di periksa kelengkapan peralatan yang kami bawa serta grooming kami. Selanjutnya kami menyimpan tas kami di locker lalu kembali one line. Setelah itu, kami berdoa dan mendengarkan arahan dari senior karena chef dino belum datang dan meriview apa saja yang kita lakukan kemarin dan memberitahukan apa saja yang harus kita prepare sekarang.
   Selanjutnya kami ke section masing-masing untuk mempersiapkan hidangan yang akan disajikan. Saya mengambil ayam yang telah dimarinade lalu mempersiapkan air yang akan di gunakan. setelah semuanya siap, ayam saya masukkan kedalam mesin sous vide lalu mengatur suhu dan waktu yang telah di minta oleh chef dino. Sambil menunggu ayam yang sedang di sous vide, Saya mempersiapkan crouton yang menjadi isi salad pada appetizer yang saya buat. Pertama,  saya membuat campuran butter, garlic, dan shallot. Garlic dan shallot di chop lalu di campur ke butter.  Setelah itu,  saya memberi campuran itu ke french bread yang telah saya slice kemarin. Setelah semua Roti telah diberi campuran butter, garlic dan shallot, saya langsung bake roti itu hingga tekstur pada roti itu garing dan berwarna kecoklatan. Selanjutnya, ayam yang telah di sous vide dikeluarkan dan di saute hingga matang. Pukul 11.00 chef dino memperlihatkan kepada kami standar plating yang harus kami ikuti untuk mem-plating appetizer. Seperti biasa, menjelang restoran dibuka masing masing section diminta untuk menjelaskan hidangan apa yang akan disajikan ke restoran. Setelah di restoran, lanjut lagi saya kembal menjelaskan hidangan yang kami buat pada hari ini ke chef ical. 

    Setelah hidangan semua telah di jelaskan, section saya mulai untuk plating hidangan appetizer karena hidangan pada section saya merupakan hidangan pembuka jadi praktis hidangan kelompok saya yang harus di sajikan terlebih dahulu. Pukul 12.00 restoran telah di buka, orderan demi orderan mulai datang, dan tak tanggung - tanggung, orderan yang kami terima langsung 20. Untung saja, sebagian kita sudah plating terlebih dahulu hanya tinggal pemberian crouton dan garnish nya saja yang harus di selesaikan. Pukul 13.00 restoran tutup, kami langsung membereskan area kerja yang telah kami gunakan. setelah itu langsung one line, dan chef dino memberikan arahan kepada kami tentang apa saja yang harus di prepare hari ini untuk menu yang akan di hidangkan besok. Tugas saya kali ini membuat dessert dan hidangan pendamping. Dessert untuk menu besok adalah choux ala creme dan hidangan pendampingnya adalah hard roll. Setelah dipersilahkan untuk bekerja tanpa berfikir panjang saya langsung mengerjakan adonan hard roll karena sangat lama proses proofingnya. Disamping itu,  teman kelompok saya telah menyiapkan custard creme yang akan menjadi filling pada choux. Pukul 17.30 choux dan hard roll telah selesai,  lalu saya wrap semua dan membantu teman teman yang general cleaning karena bread yang saya prepare tadi membutuhkan waktu yang lumayan lama pada saat di bake jadi saya menyelesaikan terlebih dahulu lalu saya general cleaning. Setelah kitchen bersih,  kami one line kembali dan pulang. Yaps sekian aktifitas saya di kitchen untuk hari ini,  cukup melelahkan, namun harus tetap semangat gengs,  see you tomorrow.

sous vide process

crouton

chicken salad hawaian

the plating

choux

Komentar

Postingan Populer