DAILY ACTIVITY (INDONESIAN VERSION)

DAILY ACTIVITY 1


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

   Baik pada hari ini pertama kalinya saya mengerjakan daily activity di blog saya. Dan pada hari ini kami pertama kalinya untuk praktek di semester 2. Saya datang di kitchen pada pukul 06.45, karena awalnya saya mengira bahwa hari ini kelas kami akan memulai praktek pada pukul 07.00. Ternyata kami memulai praktek pada pukul 08.00. Karena waktu praktek dimulai masih sekitar 1 jam, maka saya ke kantin untuk sarapan terlebih dahulu. Setelah saya sarapan saya kembali ke kitchen dan bersiap - siap untuk memulai praktek, saya menggunakan neck tie, apron, serta blanc savoir untuk melengkapi kitchen uniform saya.
   Tepat pada pukul 08.00 kami memulai "oneline". "oneline" adalah istilah kami untuk berbaris. selanjutnya senior mengabsen kami sekaligus memeriksa grooming dan kelengkapan peralatan yang harus kami bawa setiap harinya. Ada banyak peralatan yang harus kita bawa setiap harinya agar praktek kami dapat berjalan dengan lancar. Dan grooming yang diperiksa biasanya mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki, contohnya seperti rambut, kuku, kumis dan jenggot bagi laki- laki, serta kebersihan uniform hingga sepatu kami. Agar hidangan yang kami buat tetap steril dan terjaga kebersihannya.
   Setelah kami diabsen dan diperiksa peralatan serta grooming. Kami langsung masuk ke kitchen dan menyimpan peralatan serta tas yang kita bawa. Selanjutnya setelah kami menyimpan tas kami kembali oneline di dalam kitchen untuk mendengarkan arahan dari supervisor dan dosen yang incharge pada hari itu. Kebetulan supervisor yang incharge hari ini adalah senior yang belum kami kenal karena mereka baru saja pulang praktek kerja lapangan (PKL), maka senior kami memperkenalkan diri masing - masing. Pada hari ini kami di incharge oleh 3 orang supervisor namanya kak ayyub, kak tenri, dan kak fadliyah.
   Setelah kami berkenalan kami langsung dapat arahan dari dosen yang incharge pada hari itu juga yaitu chef dino. Kami mendapat arahan apa saja yang kita lakukan di minggu ini. Dan pada minggu ini kami mempelajari tentang "Breakfast", dimana breakfast adalah hal yang terpenting bagi kita semua dan sering kali kita temukan di hotel ketika kita menginap disana. Oleh karena itu kami mempelajari tentang breakfast, karena di setiap negara mempunyai ciri khas dari menu breakfastnya masing - masing. Breakfast yang kami pelajari di minggu ini yaitu :
  1. American breakfast
  2. English breakfast
  3. Indonesian breakfast
   Pada hari ini kami belum "open resto" karena kami hanya melakukan prepare untuk breakfast besok yang langsung akan disajikan di restaurant kami. Pada hari ini kami prepare untuk American breakfast besok. Yang kami prepare yaitu berbagai macam aneka bread yaitu:
  1. Hard roll
  2. Soft roll
  3. Twist bread 
  4. Croissant 
  5. Danish
  Untuk membuat berabagai aneka macam bread itu kami dibagi beberapa kelompok untuk masing masing membuat salah satu dari 5 macam bread yang akan di prepare pada hari ini, karna kami berjumlah banyak dan tidak mungkin dalam satu kelompok akan membuat semua jenis bread tersebut dan kami masih tahap pembelajaran jadi kami dibagi tugas seperti itu.
  Kebetulan tugas kelompok saya pada hari ini yaitu membuat twist bread yang dimana twist bread termasuk pada rich bread, jadi kami menggunakan milk powder, shortening, dan margarine. Yang belum tau apa itu rich bread nanti saya akan posting di laman blog saya yang berbeda apa itu rich bread dan unrich bread.
   Lanjut, setelah kami dibagi kelompok kami langsung bekerja sesuai tugas yang diberikan. Kelompok kami melakukan prepare bahan. Setelah itu kami langsung mencampur bahan hingga adonan twist bread kalis. Selanjutnya kami proofing adonannya hingga adonan mengembang 2 kali lipat dari ukuran sebelumnya, tahap selanjutnya kami punching/kneading adonan agar udara yang ada dalam adonan keluar. setelah itu kami scaling adonan sesuai dengan permintaan recipe dan langsung membentuk adonan. setelah dibentuk kami proofing kembali 10 menit dan kita bake. Namun sebelum dibake kami memberi eggwaste pada adonan twist bread kami agar adonannya berwarna coklat yang baik. Untuk resep detailnya nanti saya akan posting di laman blog saya tersendiri, karena di laman ini saya fokus untuk daily activity saja.
  Setelah kami prepare semua bread yang akan di sajikan esok hari kami beres - beres area kerja kami, karena kami sangat mengutamakan kebersihan di kitchen agar kembali lagi dengan tujuan utama kita yaitu menyajikan hidangan yang enak, indah, dan steril. Setelah kami membersihkan area kerja kami, kami istirahat sekitar 30 menit agar kita dapat cepat melaksanakan general cleaning, dimana setelah satu harian kita menggunakan kitchen, kita harus meninggalkannya dalam keadaan bersih sesuai dengan standar kebersihan yang telah di tentukan oleh chef kami. Setelah kami general cleaning pukul 18.10 kami oneline kembali untuk perisapan pulang. Itulah aktifitas saya seharian di kitchen pada hari ini.

  Berikut saya lampirkan beberapa foto pada saat saya membuat twist bread:
bahan bahan untuk membuat twist bread

proses mixing
proses proofing dough

twist bread setelah di bake

Komentar

Postingan Populer