DAILY ACTIVITY (INDONESIAN VERSION)

DAILY ACTIVITY



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Kembali lagi saya menulis tentang daily activity saya di kitchen, setelah 2 minggu kemarin saya masuk ke kitchen dan minggu ini saya masuk kembali dengan materi table d'hote menu. Apa itu table d'hote menu ? Table d’hote Menu : Adalah suatu susunan hidangan lengkap ( complete meal ) dengan suatu harga yang pasti. Jumlah hidangan biasanya terbatas dan terdiri dari beberapa kelompok hidangan (courses). Table d'hote menu yang saya pelajari kali ini terdiri dari 4 courses yaitu: appetizer (hidangan pembuka), soup, maincorse (hidangan utama), dessert (hidangan penutup). Pada hari ini, kami belum menyajikan hidangan apapun ke restoran, seperti biasa, pada hari pertama ini, kami hanya melakukan prepare. Kami one line di dalam kitchen untuk melakukan absen karena di luar hujan, selanjutnya chef dino memberikan arahan kepada kami apa saja yang akan kita lakukan pada table d'hote menu kali ini dan apa saja yang akan kita lakukan hari ini. Chef dino membagi 4 kelompok untuk kami sesuai corses yang akan kita prepare hari ini.
     Setelah kelompok dibagi, chef dino membagi tugas kepada masing masing kelompok. Dan kelompok saya bertanggung jawab untuk menyiapkan appetizer (hidangan pembuka) untuk besok. Appetizer yang akan di hidangkan besok adalah chicken salad hawaian.  untuk hari ini kami hanya prepare bahan, crouton, dan french dressing yang akan di hidangkan besok. Oh iya, namun sebelum kami prepare bahan itu, kami thawing terlebih dahulu ayam, karena ayam yang akan di marinade itu dalam keadaan frozen. Lalu selanjutnya kami memotong bahan yang diperlukan seperti cream cheese, onion, and pineapple. Selelah itu, kami membuat french dressing lalu disimpan di freezer lalu kami membereskan area kerja kami sambil menunggu ayam yang kami thawing. Setelah dada ayam kembali ke suhu normal,  dada ayam dibagi dua lalu di lumuri garam, lada hitam,  dan air jeruk lemon. Karena ayam kita akan sous vide pada esok hari jadi ayam baru di vacuum seeler terlebih dahulu, dalam plastik itu telah disikan dada ayam lemon, garlic, dan butter sebagai penambah cita rasa ayam.
    selanjutnya, karena french bread yang akan digunakan besok harus dipotong namun french bread belum selesai di bake, maka saya membantu kelompok 4 yang mengerjakan french bread tersebut lalu membantu menyelesaikan butter cakenya. Setelah semua selesai, saya memotong french bread sesuai yang di minta oleh chef dino. Pukul 16.00 barang yang telah di order datang, yang dimana keju grana padano yang akan saya gunakan besok juga telah datang, selanjutnya chef dino memperlihatkan dan menjelaskan sedikit tentang keju itu. setelah itu, kami di suruh menyelesaikan pekerjaan yang belum di selesaikan lalu kembali one line dan langsung melakukan general cleaning. Pada pukul 18.45 kami one line kembali untuk bersiap siap untuk pulang. baik sekian daily activity saya untuk hari ini, itulah kegiatan saya di kitchen untuk hari ini, sampai ketemu besok guyss. see you.

proses pemotongan chicken breast


proses marinade chicken breast

proses sealing chicken
french bread

Komentar

Postingan Populer