BERBAGAI MACAM JAJANAN BUKA PUASA


   Holla gengss!!! kali ini saya akan posting food terminology tentang jajanan buka puasa karena kebetulan bertepatan pada bulan ramadhan jadi saya mau membahas tentang jajanan buka puasa, berikut 10 jajanan yang biasanya di cari pada bulan ramadhan.

1. Kue lapis sagu


Kue dengan warna-warna yang cantik ini selalu bisa ditemukan dengan mudah di tempat yang menjual jajanan untuk buka puasa. Kue ini biasanya berwarna hijau, putih, dan pink atau warna lain sesuai selera pembuatnya. Tekstur kue ini terasa kenyal bila digigit dengan rasa manis yang cukup pas.
Dinamakan kue lapis sagu karena jajanan ini memang berbahan dasar sagu. Sagu akan dikombinasikan dengan santan kelapa, gula pasir, sedikit garam, vanili, dan pewarna makanan. Kue yang dibuat dengan cara dikukus ini menebarkan aroma harum yang menggoda karena campuran vanili di dalamnya.

2. Klepon

Saat buka puasa, Anda bisa menikmati secangkir teh dengan jajanan tradisional yang legit, seperti kue klepon. Nah, kue yang satu ini juga tidak pernah absen menjadi jajanan khas saat bulan puasa. Jajan pasar yang berbentuk bulat ini dilapisi dengan parutan kelapa yang akan membuat rasanya semakin gurih.
Ketika kue ini digigit, gula merah yang ada di dalam kue akan terasa lumer di mulut. Apalagi tekstur kue klepon ini sangat kenyal karena terbuat dari tepung ketan. Ini adalah kudapan manis yang paling cocok untuk teman minum teh. Rasanya akan semakin nikmat bila Anda makan kue klepon ini lebih dari satu buah.

3. Putu mayang bihun

Tahukah Anda bahwa putu mayang adalah kue khas Betawi? Ya, kue yang satu ini memang hadir dengan penampilan yang sangat menarik. Satu porsi putu mayang biasanya berisi bihun kukus dari 3 warna yang berbeda, yakni hijau, merah muda, dan putih.Kue ini biasa disajikan dengan kuah yang rasanya legit. Kuah putu mayang ini terbuat dari gula merah dan daun pandan. Sebelum makan, kuah manis ini dituang di atas kue putung mayang bihun. Soal rasa jangan ditanya karena putu mayang bihun ini rasanya legit, nikmat, dan pas di lidah orang Indonesia.

4. Serabi

Siapa yang tak kenal dengan serabi? Kue tradisional khas Surakarta ini sebenarnya sudah banyak dijual di kota-kota lain di Indonesia. Serabi biasa dimasak di atas tungku dengan berbagai topping. Dewasa ini, Anda bisa menemukan serabi dengan topping coklat, keju, pisang, nangka, sampai dengan sosis.
Dengan rasa yang gurih, serabi ini terasa sangat cocok berpadu dengan topping yang manis atau asin. Kue ini sangat nikmat bila disantap dalam keadaan hangat. Jika Anda ingin menjajal serabi dengan rasa yang authentic, jangan menggunakan topping apapun, tetapi tuangkan gula merah cair di atas kue serabi.

5. Bika ambon

Dinamakan Bika Ambon, apakah karena kue yang manis ini berasal dari Ambon? Kue bika ambon sebenarnya berasal dari Medan. Namun, dinamakan bika ambon karena pada awalnya kue ini dijual pertama kali di Jalan Ambon – Sei Kera, Medan. Tekstur kue ini sedikit kenyal, tapi lebih cenderung empuk dan mudah dikunyah. Rasa manis dari kue bika ambon ini tidak terlalu mengganggu.
Di jaman modern seperti ini, bika ambon hadir dengan berbagai rasa yang menarik, seperti durian, keju, coklat, dan pandan. Jajanan untuk buka puasa ini bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Bahkan, Anda bisa dengan mudah membeli kue ini meskipun tidak sedang bulan puasa.

6. Kue lumpur

Yang satu ini juga selalu menjadi menu takjil yang enak bila disantap sambil menikmati secangkir teh manis hangat. Kue lumpur adalah kue basah tradisional yang tidak lekang oleh waktu. Warna kue ini biasanya kuning pucat dan diberi topping kismis di atasnya. Bahan utama pembuatan kue lumpur adalah kentang, santan, tepung terigu, dan telur.
Mengingat ini adalah kue basah biasanya Anda tidak bisa menyimpan kue lumpur terlalu lama. Makan sepotong kue lumpur biasa menjadi pengganjal perut yang cukup efektif karena kue ini cukup padat dan rasa manisnya bisa membuat perut terasa lebih kenyang.

7. Putu bambu

Berbeda dengan putu ayu, kue putu bambu ini lebih terkesan dramatis. Adonan untuk membuat putu bambu sejatinya tidak terlalu berbeda dengan putu ayu. Hanya saja, cara pengolahan putu bambu ini lebih unik. Adonan yang sudah diisi gula merah akan dimasukkan ke dalam bambu kecil. Kemudian, bambu berisi adonan ini akan dikukus sampai matang.
Selanjutnya, adonan yang sudah berubah menjadi kue ini dikeluarkan dari pipa bambunya dan disajikan dengan parutan kelapa. Ketika digigit, gula merah di dalam putu bambu akan terasa pecah di mulut. Putu bambu cocok menjadi jajanan untuk buka puasa yang disantap selagi masih hangat.

8. Kue mangkok

Belum lengkap rasanya bila dalam sebulan berpuasa Anda tidak pernah sekalipun berbuka dengan kue mangkok. Kue basah yang sudah sangat mainstream ini menawarkan rasa yang selalu membuat kita kangen. Bentuk kue mangkok ini seperti cupcakes, tapi bagian atasnya merekah seperti bunga.
Pada umumnya, kue mangkok diberi pewarna makanan agar tampilannya semakin cantik. Kue yang terbuat dari tepung beras ini sangat cocok dan ukup mengenyangkan untuk berbuka puasa. Ini bisa menjadi kudapan nikmat untuk teman ngeteh.

9. Nagasari

Kue basah tradisional yang dibungkus dengan daun pisang ini memang selalu dijual ketika memasuki bulan puasa. Hal ini membuktikan bahwa masih banyak masyarakat Indonesia yang menyukai kue yang terbuat dari adonan tepung beras ini.
Di dalam kue berisi potongan pisang yang manis. Ketika dikukus dengan daun pisang, kue nagasari ini akan menebarkan aroma yang sangat harum dan menggugah selera. Anda pasti ketagihan bila mencicipi kue nagasari.

10. Lemper ayam

Ingin buka puasa dengan jajanan yang asin? Lemper ayam adalah kue basah yang cocok untuk menjadi kudapan saat berbuka puasa. Kue yang berbahan dasar beras ketan ini sangat mengeyangkan perut. Lebih lagi isi dari kue ini adalah potongan daging ayam yang gurih.
Bila Anda tidak terbiasa berbuka puasa dengan makanan berat atau jajanan yang manis-manis, kue lemper ayam ini bisa menjadi altenatif untuk Anda. Pasalnya, lemper ayam akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.
10 jajanan untuk buka puasa ini bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin hunting atau mungkin membuat sendiri jajanan yang diinginkan untuk berbuka puasa. Jangan lupa tulis rekomendasi jajanan lainnya di kolom komentar yang tersedia. 





source: 
https://bacaterus.com/jajanan-untuk-buka-puasa/
 







Komentar

Postingan Populer