MACAM MACAM ROTI


1. Roti Tawar

   Jenis ini adalah yang paling sering ditemui di Indonesia. Roti tawar biasanya terbuat dari tepung terigu dan berwarna putih. Dalam roti tawar terkandung serat, vitamin B, zat besi dan zat mikro lainnya yang baik untuk tubuhmu. Roti tawar sangat populer dikonsumsi oleh orang Amerika sejak tahun 1941 hingga saat ini. Kamu hanya perlu mengoles mentega, coklat, selai buah atau memakan roti tawar secara langsung.

2. Roti Gandum


   Berbeda dengan roti tawar, roti gandum memiliki tekstur yang lebih kasar dan berwarna coklat. Warna coklat tersebut muncul dari kandungan serealin, yaitu lapisan sel yang terdapat pada gandum. Buat kamu yang lagi diet, roti gandum adalah pilihan yang sangat tepat karena memiliki kandungan serat yang tinggi.

3. Baguette


   Baguette (dibaca: baget) biasa disebut juga dengan French Bread. Bentuknya panjang, bertekstur keras, tetapi sangat renyah ketika dimakan. Permukaan baguette selalu dibuat berbelah tengah. Orang-orang di Eropa dan Australia sangat menyukai roti ini untuk dijadikan sandwich sebagai menu makan siang.




4.Foccacia


   Jenis roti yang satu ini berasal dari Italia. Bentuknya menyerupai bantal karena lebar dan tebal. Teksturnya empuk dan sangat mengenyangkan. Foccacia biasanya terdiri dari campuran rosemary, nggak heran kalau roti ini sangat harum baunya dan terasa gurih ketika dimakan.

5. Rye Bread


   Jenis roti ini sepintas mirip dengan baguette, tetapi warnanya akan terlihat lebih coklat tua karena mengandung rye, tepung gandum. Rye bread juga memiliki tekstur keras, namun lebih mengenyangkan karena terbuat dari tepung gandum yang kaya akan serat. Uniknya, rye bread biasa disajikan dengan taburan gula putih halus di atas permukaannya.

6. Bridge Roll

   Kalau roti yang satu ini berbentuk panjang, padat, dan bertekstur lembut. Bridge roll yang biasa disebut juga dengan soft roll ini terbuat dari tepung terigu dan rasanya tawar. Ukurannya yang nggak terllau besar, memang pas untuk porsi makan kebanyakan masyarakat Asia.

7. Croissant


   Croissant adalah jenis roti yang berasal dari Perancis. Keunikannya ada pada bagian dalamnya yang berupa lapisan-lapisan melingkar. Roti ini teksturnya nggak terlalu padat, sehingga biasa disajikan sebagai sandwich untuk menu makan siang. Kulitnya renyah dan bagian dalamnya yang ngga terlalu padat akan membuat permukaan roti ini mudah retak saat ditekan. Rasanya yang sangat gurih kayaknya emang menggoyang lidah banget!

 8. Roti Pita


   Roti Pita biasa dijumpai dalam bentuk bulat dan pipih. Jenis roti ini banyak dikonsumsi oleh penduduk Timur Tengah.
Roti pita memiliki tekstur kenyal dan lembut. Roti ini bisa disajikan dengan kombinasi kuah gulai, kari, susu manis, ataupun keju.

9. KAISERSEMMEL
 

  

   Kaisersemmel, juga disebut Kaiserweck(en) atau Kaiserbrötchen, adalah roti bundar dan keras yang berasal dari Austria. Roti ini terbuat dari tepung putih, ragi, malt, air dan garam. Bagian atasnya biasanya memiliki pola simetris yang terdiri dari lima segmen yang dipisahkan oleh potongan pisau yang melengkung. Kaisersemmel adalah makanan tradisional Austria yang secara resmi diakui oleh Kementerian Agrikultur Federal.
Roti ini umumnya disebut semmel (berasal dari bahasa Latin: simila, yang berarti "tepung putih") di Austria dan Bayern. Di Jerman Utara roti ini serupa dengan Brötchen.
Kaisersemmel sudah ada semenjak tahun 1760. Konon roti ini dinamai Kaisersemmel untuk menghormati Kaisar Franz Joseph I dari Austria (1830–1916).


10. BRIOCHE
  

   Brioche (diucapkan [bʁi.ɔʃ]) adalah sebuah roti diperkaya tinggi asal Perancis, yang kandungan telur dan menteganya yang tinggi menghasilkan remah roti yang kaya dan lembut. Roti ini agak mengembang sesuai proporsi mentega dan telur. Roti ini memiliki kulit gelap, emas, dan rapuh.
Brioche dianggap sebagai bagian dari Viennoiserie. Kelompok roti ini dibuat dengan cara dasar yang sama seperti roti, tetapi memiliki aspek kue kering yang tinggi karena banyaknya kandungan telur, mentega, cairan (susu, air, krim, dan kadang-kadang brandy), dan gula. Brioche, bersama pain au lait dan pain aux raisins — yang sering disajikan saat sarapan atau camilan — membentuk subkelompok roti kembang Viennoiserie. Brioche seting dibuat bersama buah atau keping cokelat dan disajikan sebagai kue kering atau sebagai dasar makanan penutup dengan bahan tambahan sesuai selera setempat.










SOURCE:

http://www.loop.co.id/articles/roti-ternyata-nggak-cuma-satu-jenis-ini-8-jenis-roti-yang-harus-kamu-tahu-biar-nggak-dibilang-kurang-gaul
https://id.wikipedia.org/wiki/Kaisersemmel





Komentar

Postingan Populer