COKELAT



COKELAT


SEJARAH COKELAT

   Cokelat (chocolate) adalah makanan yang unik, padat di suhu ruang tetapi mudah meleleh di mulut; ini adalah karakter dari lemak kakao yang merupakan salah satu komponen utama cokelat. Cokelat juga dikenal memiliki rasa yang menarik minat sebagian besar orang, akan tetapi sejarah cokelat diawali dengan minuman kakao atau minuman cokelat yang seperti kita kenal sekarang ini. Di dataran rendah Yucatan bagian selatan, yaitu sekita 600 M. Lebih lanjut pohon kakao ditanam oleh bangsa Aztec di Mexico & bangsa Inca di Peru ketika orang Eropa menemukan Amerika Tengah. Saat itu biji kakao dihargai sangat tinggi dan digunakan sebagai uang dan juga sebagai minuman yang dikenal dengan nama chocolati.
   Untuk membuat minuman tersebut, biji kakao dipanggang dalam wadah yang terbuat dari tanah dan digerus dengan alat yang dibuat dari batu. Minuman dihasilkan dengan memasukan hasil gerusan tersebut kedalam air dingin. Ke dalam minuman sering ditambahkan vanilla, rempah-rempah, atau madu; kemudian minuman dikocok agar berbusa. Christoper Columbus telah membawa pulang biji kakao ke Eropa, akan tetapi Don Cortez adalah orang yang memperkenalkan miniman kakao tersebut ke Spanyol (sekitar tahun 1520) setelah Spanyol mengalahkan Mexico. Di sana orang menambahkan gula untuk sebagian mengatasi rasa pahit & sepatnya. Lebih lanjut minuman tersebut masuk ke Italia di tahun 1606 dan Perancis di tahun 1657. Saat itu minuman ini dihargai tinggi dan dikenal sebagai minuman para bangsawan. Di tahun 1727 di kenal penambahan susu kedalam minuma tersebut. Diawali sebagai minuman beratus-ratus tahun lalu, yang dengan bahasa sekarang dapt dikatakan minuman spesial dan bergengsi, lebih lanjut cokelat berkembang seiring perkembangan teknologi pengolahan biji kakao dan proses pembuatan cokelat itu sendiri hingga dikenal seperti sekarang ini.

JENIS JENIS COKELAT, KARAKTERISTIK SERTA KEGUNAANNYA

1.    Couverture Chocolate
Buat penggemar coklat, couverture disebut "real chocolate". Soalnya, couverture adalah jenis coklat asli yang biasanya mengandung lemak coklat dan chocolate mass, dimana rasanya cenderung pahit dan harganya lebih mahal. Coklat ini cepat lumer di mulut dan memiliki rasa "fruity" yang agak pahit. Selain rasanya yang enak, coklat ini juga baik untuk kesehatan. Tapi sayangnya, penyimpanan dan penanganan coklat ini agak susah.

2.    Compound Chocolate
Komposisi compound chocolate hampir sama dengan couverture chocolate, tetapi cocoa butternya digantikan sama lemak nabati yang murah seperti minyak kelapa atau soya. Rasa compound chocolate cenderung semi-sweet atau sweet, tapi penanganannya lebih mudah daripada couverture. Compound chocolate lebih banyak digunakan untuk coklat dekorasi soalnya harganya jauh lebih murah daripada couverture. Ada 3 jenis compound chocolate, yaitu:
  • Dark chocolate compound
Ini adalah coklat batangan yang berwarna pekat, dimana rasa coklatnya lebih terasa dan nggak mengandung susu. Coklat jenis ini biasanya digunakan untuk kue dan makanan ringan lain.
  • Milk chocolate compound
Ini adalah coklat batangan yang berwarna coklat, dimana pembuatannya dari campuran gula, kakao, coklat cair, susu, dan vanila.
  • White chocolate compound
Ini adalah coklat batangan berwarna putih yang mengandung coklat dan cacao butter.

3.    Kakao
Coklat ini terbuat dari massa kakao yang lemaknya udah dipisahkan. Coklat ini sangat mudah diolah dan ekonomis. Jadi, kamu bisa membeli coklat ini di warung-warung sekitar rumahmu.

4.    Coklat cair
Coklat cair adalah produk minuman yang mengandung massa kakao dan kadar gula yang tinggi. Tapi gawat, kadar gula dalam coklat cair disebut gampang meningkatkan berat badan.

5.    Coklat bubuk
Coklat bubuk adalah coklat yang mempunyai aroma kuat, nggak tengik, dan nggak berjamur. Coklat bubuk yang berwarna pekat dan beraroma pahit sangat berguna untuk mengeringkan adonan kue. 

6.    Coklat tawar
Iya, ada coklat yang rasanya tawar. Coklat ini biasanya digunakan untuk kue, cake, dan aneka makanan ringan lain. Persentase massa kakao dalam coklat ini bervariasi, antara 30-70 persen. Semakin tinggi konsentrasi massa kakao, semakin baik rasanya.

7.    Coklat susu
Banyak orang suka sama coklat susu, sampai coklat ini disebut dengan coklat yang paling banyak dikonsumsi. Jenis coklat yang satu ini terbuat dari campuran gula, kakao, coklat cair, susu, dan vanila. Rasanya lebih manis dibandingkan coklat tawar, dan massa kakaonya cukup rendah, yaitu 20 persen.

8.    Coklat putih
Coklat ini nggak mengandung massa kakao yang tinggi. Coklat ini terbuat dari lemak coklat, gula, dan vanili yang nggak mengandung coklat padat. Sama kayak chocolate compound, coklat ini juga sering digunakan untuk dekorasi.
    
 NUTRISI COKELAT

   Coklat mengandung energi sebesar 472 kilokalori, protein 2 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 0 gram, kalsium 63 miligram, fosfor 0 miligram, dan zat besi 2,8 miligram.  Selain itu di dalam Coklat juga terkandung vitamin A sebanyak 30 IU, vitamin B1 0,03 miligram dan vitamin C 0 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Coklat, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

PENYIMPANAN COKELAT YANG BAIK 

1. Simpan coklat di tempat yang sejuk dan suhu ruang. Jangan menyimpan coklat dalam lemari es. Kalaupun diletakan dalam lemari es, coklat dibungkus plastik dan diletakan dalam wadah kedap udara.
2. Jika coklat sudah dikonsumsi, maka biarkan coklat terbungkus alumuniumnya foilnya kembali. Letakan dalam wadah kedap udara.
3. Jauhi coklat dari makanan lain yang berbau tajam, agar kualitas tetap terjaga.
4. Jauhi dari terpapar sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung akan mengakibatkan coklat menjadi tengik. Suhu diatas 20 derajat celcius akan membuat lemak coklat keluar, sehingga akan muncul bintik-bintik putih. Selain itu, tentu saja coklat akan meleleh.






SOURCE:

https://www.coklatarenmbahuti.com/artikel/tips-menyimpan-coklat-yang-benar
http://missjunecompany.com/sejarah-coklat/
http://inform-kesehatan.blogspot.com/2015/05/kandungan-nutrisi-cokelat.html
http://www.loop.co.id/articles/8-macam-coklat




Komentar

Postingan Populer