DAILY ACTIVITY (INDONESIAN VERSION)

DAILY ACTIVITY




  ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

  Dihari ketiga saya praktek di minggu ini, saya menyajikan menu masakan jepang lagi. Tak berbeda dengan menu masakan jepang yang pernah kami buat, pada hari ini juga kami menyajikan :
     
     Okonomiyaki
              ***
        Miso soup
              ***
            Sushi
              ***
         Dorayaki

  Seperti biasa, kami oneline pada pukul 08.00 dan langsung masuk ke kitchen. Tak lupa pula kami menyimpan tas ke dalam locker kami. Diawali dengan berdoa  aktivitas di kitchen kami pun dimulai. Awalnya, senior kami ingin mereview tentang materi kitchen. Tetapi, karena section soup belum mempersiapkan apapun bahan yang akan mereka buat. Jadi, review tidak jadi dilakukan dan kami langsung mengambil bahan yang kami butuhkan dan menyiapkan di section kitw masing-masing. Khusus untuk kelompok saya yang membuat dorayaki, kami langsung membuat dorayaki karena pada penyajian dorayaki, tidak menuntut hidangan itu panas, jadi kami menyelesaikan secepat mungkin agar dapat membantu section lain yang sementara menyelesaikan hidangannya. Tetapi, tidak sesuai dengan rencana kami, adonan dorayaki yang dibuat, awalnya memiliki permukaan yang kurang baik karena pan yang digunakan kurang baik menghantarkan panas. Jadi,  kami mencoba terus hingga mendapatkan  hasik dorayaki sesuai standar. 
    Setelah masalah pan telah teratasi, masalah baru muncul, dimana adonan yang telah disiapkan tinggal sedikit karena banyak adonan yang digunakan sebagai tester pada pembuatan tadi. Lalu,  kami langsung membuat adonan yang baru lagi agar cukup pada saat di sajikan. Setelah semua adonan jadi,  dorayaki kemudian di spread dengan seleai kacang merah yang juga telah dipersiapkan kemarin. Setelah semua section telah selesai membuat hidangan dan siap di sajikan, kami membawa satu porsi hidangan masing- masing untuk di perlihatkan di restoran sekaligus menjelaskan seperti apa hidangan yang akan disajikan pada hari ini.
   Pukul 12.00 semua anggota dari masing masing section telah siap di sectionnya untuk menerima pesanan. Karena saya menyajikan hidangan dessert yang dimana itu merupakan hidangan terakhir, jadi saya membantu section appetizer dan maincourse untuk menyelesaikan pesanannya. Pukul 13.00 restoran tutup, dan kami langsung membereskan area coldkitchen yang dimana merupakan area kerja kami sebelum kami melakukan general cleaning bersama kelas B. Pukul 15.00 kami kumpul lalu diabsen kembali untuk absen general cleaning. Pukul 17.00 semua area kitchen telah bersih dan kami dipersilahkan untuk pulang. Itu saja aktivitas saya di kitchen minggu ini,  tunggu daily activity selanjutnya du 2 minggu kedepan see you gengs. 


process making dorayaki
plating process
dorayaki

Komentar

Postingan Populer