DAILY ACTIVITY (INDONESIAN VERSION)

DAILY ACTIVITY



  ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

  Setelah mid test 2 minggu kemarin, kami masuk kembali ke kitchen untuk kembali praktek lagi. Pada minggu ini kami mempelajari menu oriental, karena pada praktek sebelum mid kemarin kami telah mempelajari kontinental menu. Pada hari ini,  kami hanya mempersiapkan segala bahan dan belum "open resto". Pada jam 08.00 pagi seperti biasa kami diabsen lalu masuk dan menyimpan tas ke dalam locker, lalu kembali oneline. Sesuai dengan permintaan chef dino pada dua minggu lalu, kami tak boleh masuk ke dalam kitchen jika pisau yang kita punya tidak tajam. Jadi senior yang incharge, mengecek satu per satu pisau kami, pisau yang tidak tajam harus keluar kitchen untuk mengasah pisau terlebih dahulu.
   Selanjutnya, sambil kami menunggu chef dino datang chef ical memberi kami beberapa penyampaian dan membahas menu yang akan di persiapkan pada hari ini. Setelah chef ical menyampaikan beberapa hal,  kami me-review materi dasar sambil menunggu chef dino datang. Pukul 09.10 chef dino datang dan langsung menjelaskan menu yang akan dipersiapkan hari ini. Pada hari ini kami mempersiapkan bahan bahan untuk menu jepang yang akan di sajikan esok hari menu nya terdiri dari :
        Okonomiyaki
                ***
         Miso soup
                ***
              Sushi
                ***
           Dorayaki
   Seperti biasa, kami dibagi menjadi 4 kelompok untuk menangani hidangan masing - masing. Kelompok saya menangani okonomiyaki yaitu appetizer pada menu japanese ini. Pada hari ini yang saya persiapkan hanyalah bahan isinya seperti kol, dan daun bawang serta mayonaise. Untuk selebihnya,  baru bisa di persiapkan besok sekaligus penyelesaiannya. Setelah semua beres,  saya membantu section lain yang belum selesai. Pada pukul 12.00 semua section telah selesai dan kami mulai general cleaning karna chef dino mau pada pukul 15.00 kitchen sudah bersih dan tidak ada lagi aktifitas yang dilakukan. Pukul 14.00 kitchen sudah bersih,  lalu kami dipersilahkan untuk istirahat. Pada pukul 15.00 kami diminta berkumpul di dalam kelas untuk menonton film. Film itu menceritakan tentang bagaimana disiplinnya kehidupan di kitchen dan bagaimana disiplinnya seorang chef dalam mengolah hidangannya tanpa ada kekurangan sedikit pun. Setelah film itu selesai kami kembali oneline untuk diperlihatkan cara memotong octopus untuk hidangan sushi gunkan besok. Pukul 17.15 kami pulang. 

mayonaise

preparation

general cleaning

general cleaning

Komentar

Postingan Populer