DAILY ACTIVITY (INDONESIAN VERSION)

DAILY ACTIVITY



ASSALAMUALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

   HEYYHOO!!! kembali lagi di daily activity kitchen nightmare sudah lama yah daily activity tidak update dengan kisah kisah nya di kitchen. di daily activity kali ini saya akan melunasi janji saya di minggu kemarin yang akan memposting bagaimana kegiatan saya atau seperti apa saya ketika mid praktek, seperti apa suasananya dan seperti apa kisah kisah menariknya. langsung saja tanpa perlu berlama - lama berikut saya ceritakan seperti apa mid praktek saya dua hari terkahir ini. pasti ada yang bertanya tanya kenapa mid prakteknya hanya 2 hari kenapa bukan 4 hari atau 1 hari. so, begini ceritanya gengs, kami di poltekpar makassar khususnya di manajemen tata boga ketika mid praktek maupun final praktek, kami dibagi menjadi 4 kelompok dimana per kelompok akan hadir di masing masing hari yang telah di tentukan. mengapa demikian? agar mid praktek yang kami jalankan ataupun final yang kami lakukan dapat berjalan dengan lancar tanpa terganggu dengan teman teman yang lain karena ketika kami masuk dalam sehari 35 orang bahkan lebih otomatis kitchen akan full nda pekerjaan yang kami lakukan tidak maksimal. jadi kami dibagi perkelompok untuk memaksimalkan mid maupun final praktek kami.
   setelah kami dibagi menjadi 4 kelompok, saya tergabung dalam kelompok 4 dengan 8 teman lainnya. setelah itu kami diumumkan untuk hari praktek kami. peraturan prakteknya, dimana kita harus datang satu hari sebelum hari ujian yang telah ditentukan kita untuk mempersiapkan bahan bahan yang akan di sajikan untuk esok harinya, jadi kami tidak terlalu sibuk menyelesaikan hidangan hidangan yang akan disajikan pada hari H-nya. so, saya mendapat giliran ujian pada hari rabu otomatis saya harus hadir pada hari selasa. pada hari rabu menu yang di sajikan adalah menu indonesia yaitu : 
                             sambal ulang - ulang
                                           ***
                               sup kacang merah
                                          ***
                               bebek menyatnyat
                                  pleching sayur
                                     nasi putih
                                          ***
                                    bika amon
itulah menu yang akan saya sajikan pada hari rabu dan inilah menu yang paling saya hindari, mengapa? karena itu hari waktu kami belajar membuat menu ini, bika ambon yang kami buat mengalami hal yang tidak di inginkan hingga harus kami ulangi hingga tiga kali plus dessert bika ambon tidak dapat disajikan pada saat open resto. saya khawatir bahwa hal seperti itu bakal terulang apalagi standar penilaian dari chef dino adalah kalau tidak mendapat nilai A, mengulang. itu yang menjadi kekhawatiran saya ketika bika ambon mengalami insiden yang sama.
   pada hari selasa kami datang pukul 08.00 dan menunggu chef dino untuk melakukan briefing terlebih dahulu. ternyata, chef dino baru datang pada pukul 09.00 dan kami langsung melakukan briefing. pada saat briefing chef dino menyampaikan apa saja yang harus kita lakukan di prepare kali ini. setelah melakukan briefing kami langsung dipersilahkan untuk melakukan prepare. kami telah membagi tim masing masing untuk menangani hidangan yang telah ditentukan. saya mempersiapkan hidangan maincourse jadi, pertama saya menyiapkan bebek lalu di thawing agar dagingnya menjadi lunak. sementara menunggu proses thawing bebek saya mempersiapkan sayur yang akan digunakan besok, lalu mempersiapkan bumbu dan sauce yang akan digunakan. setelah semua selesai, saya kembali mengerjakan bebek yang akan dipotong fillet dan di brine. pada saat bebek sementara dibrine saya menyiapkan bumbu bebek yang akan digunakan sebagai bumbu marinade bebek. setelah semua selesai, bahan bahan yang telah disiapkan kami masukkan kedalam chiller dan siap siap untuk general cleaning.
   pada saat kami ingin general cleaning saya masuk kedalam pastry kitchen sesuai dengan kekhawatiran saya bika ambon yang telah dibuat gagal. ternyata, teman saya telah mengulang adonan bika ambonnya sebanyak 2 kali dan semua gagal. pada percobaan ketiga ini, chef dino mengarahkan teman saya untuk membuat adonannya dan membiarkannya satu malam lalu esok harinya di bake selama 1 jam. selanjutnya kami general cleaning lalu bersiap siap untuk pulang.
   pada hari rabu kami datang lebih dulu, karena kami akan membantu teman kami yang preparenya belum selesai. pada pukul 09.00 chef dino tak kunjung datang, untung saja kami tak menuggu chef dino untuk memulai praktek hari ini, karena jika kami menunggu, otomatis hidangan bebek saya belum selesai ketika open resto. jadi pada saat chef dino datang, dia tinggal mengecek progress hidangan yang kami buat. pukul 11.00 hidangan kami harus sudah siap dan kami sudah menyiapkan 1 porsi untuk diexplain di restaurant dan di office. setelah kami explain, seperti biasa kami kembali untuk bersiap siap menerima orderan dari restaurant. pukul 12.55 restoran tutup lalu kami membereskan semua area kerja kami lalu makan dan kembali general cleaning. namun, kami tidak bisa langsung general cleaning karena teman kami masih ada prepare untuk ujian praktek besok. pukul 16.00 kami general cleaning dan pulang.

braising process

the maincourse
menu for today
 

Komentar

Postingan Populer