DAILY ACTIVITY (INDONESIAN VERSION)

DAILY ACTIVITY



assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

    Dihari kedua ini sangat banyak cerita di kitchen, dimulai dari awal yah gengs. Pertama, kita mulai one line pukul 08:00 lalu kita diabsen dan langsung me-review menu yang akan di buat pada hari ini, namun sudah di persiapkan kemarin, apa saja yang akan di selsaikan pada hari ini. Selanjutnya kami ke section masing - masing untuk menyelesaikan hidangan yang akan di sajikan. Clam stock yang sudah kita prepare kemarin di keluarkan dari dalam freezer lalu di bagi dua. Stock yang pertama digunakan untuk membuat veloute sauce dan yang kedua digunakan untuk merebus kentang. 
   Untuk membuat veloute sauce, kami membutuhkan white roux sebagai bahan pengental dari stock tersebut. Jadi, pertama kita buat white roux, lalu dimasukkan kedalam stock dan diboil kembali hingga mengental. Untuk beef bacon dan onion itu di saute lalu dimasukkan kedalam stockpot yang berisi kentang yang telah di rebus. Lalu, veloute sauce di campur kedalam campuran kentang tadi dan diboil kembali hingga tercampur rata dan diberi rasa. Sementara menunggu restoran dibuka saya langsung membuat french bread yang akan di sajikan besok. Sampai pada tahap baking, pada taha ini saya menemukan kendala dimana french bread harusnya di bake tepat waktu jadinya dibake lewat pada waktunya, karena kebutulan diminggu ini materi yang dipelajari mahasiswa perhotelan juga bakery. Sementara dia menggunakan oven untuk mem-bake produknya, praktis saya harus menunggu dan french bread saya terus mengembang. 
   Tak lama kemudian, produk yang di oven telah selasai, saya langsung memasukkan french bread saya ke dalam oven. Tak sampai disitu, hambatan kembali muncul, hambatan kali ini cukup mengganggu karena gas yang menjadi hal terpenting itu habis di tengah-tengah saya bake french bread itu. Se-segera mungkin saya mengganti gas itu agar adonan french bread saya tidak rusak. Pukul 12.00 restoran dibuka pesanan satu per satu mulai masuk dan saya dan satu anggota kelompok saya standby di section soup. Selebihnya ada yang menyiapkan hidangan dessert untuk besok dan ada yang ke restoran untuk table manner. Konsentrasi saya terbagi dua, dari pesanan soup dan french bread saya yang sedang saya bake. Untung saja, pada hari ini restoran tidak menerima banyak tamu, jadi pesanan yang masuk tidak terlalu padat hingga restoran tutup pada pukul 13.15. 
   Selanjutnya saya masuk ke pastry kitchen untuk mengecek progress dari pembuatan yellow butter cake. Dengan hati yang lega setelah menyelesaikan semua pesanan soup dan menyelesaikan semua french bread, tetapi tidak sesuai harapan kami semua, adonan yellow butter cake yang teman saya buat ternyata gagal. Jadi saya langsung mengambil alih pembuatan yellow butter cake tersebut dan membuat adonan ulang. Setelah membuat adonannya, yellow butter cake langsung di bake. Pukul 16.30 kami general cleaning dan bersiap untuk pulang. Hari ini cukup melelahkan yah gengs, but don't worry gengs saya tetap usahakan untuk posting daily activity setiap harinya buat kalian, jadi jangan khawatir gengs. see you tomorrow. Thank You.

ingredients of clam chowder


process pf making veloute sauce
sauteing process beef bacon and onion

the mixture of stock clam with the main ingredients

after we mix the clam stock with the veloute sauce

clam chowder soup

the ingredients of yellow butter cake

yellow butter cake before baking

Komentar

Postingan Populer