DAILY ACTIVITY (INDONESIAN VERSION)

DAILY ACTIVITY



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

   Holla gengs, di hari ke empat ini adalah hari terakhir kami praktek sebelum ujian tengah semester. Setelah mereview menu yang akan disajikan.  Kami kembali ke section masing - masing dan menyiapkan semua bahan bahan yang akan di olah. Pertama, saya membuat clarified butter lalu saya membuat bechamel sauce untuk menjadi dressing potatoes untuk di salamander sebentar. Pukul 11.00 kami prepare maincorse untuk di bawa ke restoran untuk menjelaskan menu hari ini. Untuk kali ini yang menjelaskan menu di restoran saya sendiri. Selanjutnya, saya menjelaskan menu di office lalu kembali ke section untuk bersiap siap menerima orderan dari restaurant. Pesanan demi pesanan maincorse mulai diterima oleh section saya. 
   Kami mulai bekerja, tetapi pesanan mulai menumpuk hingga 24 porsi. Karena pada section maincorse seperti yang kita ketahui hidangan ini tidak boleh keluar dalam keadaan dingin. Jadi kita tidak boleh membuatnya terlebih dahulu sebelum ada yang memesan. Untung saja, kekompakan dalam kelas kami sangat baik, kelompok yang mengerjakan hidangan lain pun turut membantu. Setelah pesanan 24 porsi itu selesai, kami bisa bernafas lega karena pesanan yang datang setelah itu tidak terlalu banyak dan dapat saya selesaikan dengan baik. 
   ketika saya sedang membersihkan meja kerja saya karena saya fikir pesanan sudah tidak ada lagi. Tiba - tiba aboyer menyampaikan orderan maincorse satu porsi. Saya kaget, karena ikan yang ada diatas meja tidak utuh sesuai potongan standar. Lalu saya bertanya ulang kepada aboyer "apakah benar pesanan itu?" sambil berfikir bagaimana meng-akali ikan tersebut agar bisa di hidangkan. Saya berfikir ketika ikan tadi sudah kita goreng, untuk mematangkannya kami menggunakan oven. Saya mencoba untuk memeriksa oven karena saya mengingat ketika pesanan telah selesai tadi banyak ikan yang masih utuh potongannya di pegang oleh teman saya. Jadi saya membuka oven, dan betul sesuai ingatan saya, ikan yang masih utuh potongannya itu ada di dalam oven. Ketika ikan sudah saya keluarkan dari oven langsung saya plating dan membawa ke food checker untuk di beri ke waiter untuk mengatarkannya kepada tamu. 
   Setelah semua selesai, restoran di tutup, kami langsung membersihkan area kerja, lalu lanjut general cleaning dan bersiap untuk pulang. Pada minggu ini ada banyak cerita yang sangat seru dan menarik. Dan alhamdulillah semua berjalan lancar, dan masalah yang ada dapat diselesaikan dengan cepat dan tidak menghambat semuanya. Untuk dua minggu kedepan saya ujian tengah semester dan insya allah saya akan tetap posting konten daily activity saya , saya akan tetap bercerita tentang bagaimana keadaan pada saat saya ujian tengah semester, mohon doa nya gengs semoga ujian saya lancar dan semoga hidangan yang dibuat lebih baik dari yang kemarin kemarinnya. Terima kasih teman - teman masih setia membaca blog saya. jangan bosan bosan membaca blog saya karena di dalam blog ini ada banyak hal yang menarik dari ilmu pengetahuan hingga kisah kisah bagaimana suasana kitchen sebenarnya. seeyou gengss.
making bechamel sauce


blanching carrot

the ingredients

making roux and clarified butter

the maincourse set up

Komentar

Postingan Populer