DAILY ACTIVITY (INDONESIAN VERSION)

DAILY ACTIVITY


 
assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

   Diawali dengan semangat yang cukup membara, hari ke-4 pun di mulai,  pada hari ini praktek dimulai lebih awal pada pukul 07.45 dan tanpa sepengetahuan saya. Saya terlambat 5 menit dan langsung bergabung kebarisan. Selanjutnya kami berdoa dan mendengarkan arahan dari senior lalu langsung kembali kesection masing masing. Hari ini giliran saya yang menyiapkan main corse. Menu kali ini adalah menu indonesia, jadi main corse yang akan disajikan juga merupakan hidangan indonesia. Seperti yang kita ketahui, Makanan indonesia menggunakan banyak bumbu dan rempah,  jadi untuk bumbu dan sauce yang akan dipakai pada hari ini telah disiapkan kemarin. Bebek menyatnyat sudah di marinade juga dari kemarin tinggal di braise. 
   Selanjutnya, kami keluarkan semua bahan yang telah disiapkan kemarin dan menunggu perintah chef dino untuk menyelesaikan main corse tersebut. Pukul 09.30 bebek yang telah di marinade, saya masukkan di oven hingga pukul 10.30, setelah itu bebek di simmer agar tekstur daging semakin empuk. Pukul 11.00 daging di angkat lalu bumbunya di reduce agar menjadi sauce untuk bebek itu sendiri. Setelah sauce telah di reduce, daging bebek di potong dadu dan chef dino langsung memperlihatkan cara menata hidangan maincorse nya. Pukul 12.00 restoran di buka,  anggota kelompok saya bersiap siap di section nya masing masing. Di section maincorse cukup hectic, karena banyak komponen maincorse yang perlu disiapkan,  dan tidak boleh keluar dalam keadaan dingin, jadi kita tidak boleh mempersiapkannya terlebih dahulu, agar maincorse yang telah di keluarkan tetap hangat sampai di tamu, ditambah lagi 3 anggota tim saya sedang table manner di restoran. Jadi yang menyiapkan maincorse hanya tinggal 5 orang saja, tetapi dengan kekompakan tim semuanya bisa terselesaikan hingga restoran tutup.
   Sebelum general cleaning, kami diberi kesempatan untuk mencicipi hidangan yang telah kami buat. Pukul 16.30 kitchen sudah bersih dan kami bersiap untuk pulang. Hingga hari terakhir praktek minggu ini saya bersyukur, dalam proses produksi hidangan dalam kelompok saya tidak memiliki masalah yang cukup besar,  sehingga dapat berjalan dengan lancar,  dan semoga di praktek berikutnya semakin lebih baik lagi. Sampai disini dulu daily activity minggu ini,  tunggu update di 2 minggu kedepan guyss..
the ingredients

sauce of plecing sayuran

plating process
the maincorse


Komentar

Postingan Populer