LOCAL FOOD (GATEAU TRADITIONNEL DE MAKASSAR PART 2)


1. Bolu Peca



Kue Bolu mungkin menjadi salah satu kue yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Jenis kue bolu inipun bermacam-macam, mulai dari bolu cokelat sampai bolu pisang semuanya menjadi kue yang paling dicari oleh penggemar kue ini. Salah satu jenis kue bolu yang paling dicari adalah bolu peca, kue bolu khas Makassar.
Bolu peca adalah kue khas masyarakat Bugis. Kue ini biasanya disajikan saat acara-acara resmi yang diadakan Suku Bugis seperti pernikahan. Rasanya yang manis membuat kue ini begitu nikmat saat lidah kita mencicipinya.
Bolu Peca memiliki tekstur yang lembut saat berada di mulut kita. Campuran gula merah merah yang berada didalamnya menjadikan kue ini terasa sangat manis. Gula merah ini juga menjadi ciri khas dari kue yang terbuat dari bahan utama tepung ketan putih ini.
Bagi Anda penggemar kue bolu, bolu peca wajib menjadi salah satu target buruan Anda. Rasanya yang enak dengan gula merahnya yang khas menjadikan bolu peca menjadi salah satu kue yang paling di cari di Makassar. Siapa saja yang mencoba akan terpikat dengan kelembutan dan manisnya bolu peca.

Resep Kue Bolu Peca

Bahan kue bolu peca :
• 500 ml air rebusan gula merah
• 1 sdt soda kue
• ½ cangkir tepung ketan putih
• ½ cangkir tepung beras pilihan
• 2 butir telur bebek
• 2 butir telur ayam
Cara Membuat Kue Bolu Peca :
1. Siapkan wadah untuk mencampur tepung ketan dan tepung beras, aduk hinga tercampur semua dan rata, sisihkan
2. Selanjutnya siapkan wadah baru untuk mengkocok telur ayam dan bebek dengan mixer, lalu tambahkan soda kue, aduk hingga adonan kaku
3. Kemudian tuangkan campuran tepung ketan dan beras kedalam adonan telur tadi, secara perlahan sambil di aduk terus
4. Bila sudah jadi, tuangkan adonan kedalam loyang lalu kukus selama 25 menitan, tunggu sampai matang
5. Angkat adonan dan potong-potong selagi masih panas, kemudian rendam atau celup kedalam air gula yang sudah disiapkan
6. Kemudian rapikan dalam wadah dan masukan kedalam lemari es, tunggu sampai dingin.
7. Kue bolu peca khas makasar siap dinikmati.


2. KUE TETU


   Kue Tetu merupakan salah satu kue yang berasal dari Sulawesi Barat. Kue ini bisa disebut juga dengan kue perahu, pepaco, lampu-lampu atau di daerah lain disebut kue jorong jorong. Kue Tetu terbuat dari bahan bahan dasar tepung terigu, santan dan gula aren, memiliki rasa yang manis dan gurih. Kue Tetu disajikan didalam takir daun pandan yang dibentuk menjadi kotak persegi. Banyak disajikan pada setiap acara, baik arisan, syukuran, pesta perkawinan, hingga upacara adat.

HISTORY:

   Sebetulnya, kue tetu merupakan penganan khas dari Suku Mandar. Kue ini ditemukan di banyak tempat di Pulau Sulawesi. Seperti dikutip Jejak-Jejak Mandar: Kamus, Sejarah, Kebudayaan dan Ensiklopedia Tokoh, tetu menjadi penganan terlezat khas dari Suku Mandar di Mandar dan Mamuju, Sulawesi Barat.
Diketahui, Suku Mandar yang berjumalah sekitar 1,2 juta jiwa menempati beberapa wilayah mulai dari Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, hingga ke Kalimantan.
Penamaan kue perahu di daerah lain karena wadahnya menyerupai perahu. Biasanya dibuat dari daun pisang. Sementara Suku Mandar membuat wadah kue tetu menggunakan menggunakan pandan wangi. Pandan terlebih dahulu dijemur supaya lebih elastis atau tak mudah retak.
Kue tetu terbuat dari tepung terigu dan santan. Pada wadah terlebih dahulu diberi gula merah atau campuran dengan gula putih. Setelah itu baru adonan cair dituang ke atasnya. Kue tetu dimasak dengan cara dikukus hingga matang atau mengental.

RESEP:

Bahan-bahan

-Tepung terigu 400 gram
-Santan Kental 200 ml
-Santan Cair 800 ml
- Gula Pasir 1 gelas
-Gula Merah secukupnya
-Garam secukupnya
-Daun Pandan, digunakan untuk tempat cetakan/mengukus dan sebagai pewangi kue Tetu

Cara Pembuatan

1. Campurkan Tepung terigu, Santan cair, Gula Pasir, dan garam, kemudian aduk semua bahan hingga menjadi adonan yang halus tanpa ada gumpalan
2. Panaskan santan kental menggunakan api kecil - sedang, aduk perlahan agar santan tidak pecah dan mudah basi
3. Siapkan daun Pandan yang sudah dibentuk seperti mangkok / perahu sebagai cetakan Kue Tetu, kemudian taburi cetakan dengan gula merah sesuai selera.
4. Tuangkan adonan tepung terigu diatas cetakan yang telah ditaburi gula merah kira-kira 3/4 dari ukuran cetakan (jangan terlalu penuh), kemudian kukus sampai setengah matang kira-kira 15-25 menit.
5. Setelah itu tuangkan santan kental yang telah dimasak diatas kue Tetu setengah matang,
6.  Lanjutkan mengukus hingga matang, 
7. Angkat, dinginkan dan Sajikan




Source :
https://www.sumber.com/jalan-jalan-kuliner/sulawesi-barat/kuliner-sulawesi-barat/sumber/kue-tetu.html 



Komentar

Postingan Populer