DESCRIBE INGREDIENTS (GREEN VEGETABLE)


1. KANGKUNG




   Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan yang termasuk jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan. Kangkung banyak dijual di pasar-pasar. Kangkung banyak terdapat di kawasan Asia dan merupakan tumbuhan yang dapat dijumpai hampir di mana-mana terutama di kawasan berair. Masakan kangkung yang populer adalah ca kangkung bumbu tauco atau terasi.juga di wewarungan terdapat pelecing kangkung Lombok.
Jenis – jenis kangkung
   Ada dua bentuk kangkung yang dijual di pasaran. Yang pertama adalah kangkung berdaun licin dan berbentuk mata panah, sepanjang 10–15 cm. Tumbuhan ini memiliki batang berongga yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada pangkal daun. Tumbuhan ini bewarna hijau pucat dan menghasilkan bunga bewarna putih, yang menghasilkan kantung yang mengandung empat biji benih. Jenis kedua adalah dengan daun sempit memanjang, biasanya tersusun menyirip tiga.
   Ada dua jenis penanaman diusahakan: kering dan basah. Dalam keduanya, sejumlah besar bahan organik (kompos) dan air diperlukan agar tanaman ini dapat tumbuh dengan subur. Dalam penanaman kering, kangkung ditanam pada jarak 5 inci pada batas dan ditunjang dengan kayu sangga. Kangkung dapat ditanam dari biji benih atau keratan akar. Ia sering ditanam pada semaian sebelum dipindahkan di kebun. Daun kangkung dapat dipanen setelah 6 minggu ia ditanam.
   Jika penanaman basah digunakan, potongan sepanjang 12-inci ditanam dalam lumpur dan dibiarkan basah. Semasa kangkung tumbuh, kawasan basah ditenggelami pada tahap 6 inci dan aliran air perlahan digunakan. Aliran air ini kemudian dihentikan apabila tanah harus digemburkan. Panen dapat dilakukan 30 hari setelah penanaman. Apabila pucuk tanaman dipetik, cabang dari tepi daun akan tumbuh lagi dan dapat dipanen setiap 7-10 hari. Semasa berbunga, pucuk kangkung tumbuh dengan lambat, tetapi pembajakan tanah dan panen cenderung menggalakkan lebih banyak daun yang dihasilkan.

Manfaat Kangkung

1. Mengurangi kolesterol
   Kangkung adalah pilihan yang tepat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan dan mengurangi kolesterol secara alami. Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus membuktikan bahwa konsumsi kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol serta Trigliserida - salah satu jenis lemak.

2. Penyakit kuning dan hati
   Kangkung telah lama digunakan dalam pengobatan penyakit kuning dan masalah hati. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa ekstrak tanaman ini dapat memberikan perlindungan terhadap kerusakan hati karena memiliki sifat antioksidan.

3. Mengobati anemia
   Kangkung kaya akan zat besi dan itu sangat bermanfaat bagi orang yang terkena anemia serta wanita hamil yang membutuhkan zat besi. Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama oleh sel-sel darah merah untuk pembentukan hemoglobin.

4. Mengobati gangguan pencernaan dan sembelit
   Kangkung kaya akan serat yang dapat mencegah gangguan pencernaan. Sayur ini bisa menjadi semacam pencahar bagi orang yang menderita gangguan pencernaan dan sembelit.

5. Anti-diabetes
   Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi rutin kangkung dapat menurunkan risiko diabetes. Sayur ini juga bisa digunakan dalam pengobatan diabetes pada wanita hamil.

6. Mencegah kanker
   Mengandung 13 jenis senyawa antioksidan, kangkung adalah makanan yang tepat untuk pencegahan kanker. Sayur ini juga dikatakan dapat mencegah kanker perut serta kanker kulit dan payudara.

Kandungan Gizi Pada Kangkung

   Kangkung mengandung energi sebesar 29 kilokalori, protein 3 gram, karbohidrat 5,4 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 73 miligram, fosfor 50 miligram, dan zat besi 3 miligram.  Selain itu di dalam Kangkung juga terkandung vitamin A sebanyak 6300 IU, vitamin B1 0,07 miligram dan vitamin C 32 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Kangkung, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 70 %.

2. BAYAM

   Bayam merupakan tumbuhan yang biasa ditanam untuk dikonsumsi daunnya sebagai sayuran hijau. Tumbuhan ini berasal dari Amerika tropik namun sekarang tersebar ke seluruh dunia. Tumbuhan ini dikenal sebagai sayuran sumber zat besi yang penting bagi tubuh.
   Bayam sebagai sayur hanya umum dikenal di Asia Timur dan Asia Tenggara, sehingga disebut dalam bahasa Inggris sebagai Chinese amaranth. Di Indonesia dan Malaysia, bayam sering disalahartikan menjadi "spinach" dalam bahasa Inggris (mungkin sebagai akibat penerjemahan yang dalam film kartun Popeye), padahal nama itu mengacu ke jenis sayuran daun lain - lihat Bayam (Spinacia).
   Di tingkat konsumen, dikenal dua macam bayam sayur: bayam petik dan bayam cabut. Bayam petik berdaun lebar dan tumbuh tegak besar (hingga dua meter) dan daun mudanya dimakan terutama sebagai lalapan (misalnya pada pecel, gado-gado), urap, serta digoreng setelah dibalur tepung. Daun bayam cabut berukuran lebih kecil dan ditanam untuk waktu singkat (paling lama 25 hari), lebih cocok untuk dibuat sup encer seperti sayur bayam dan sayur bobor. Bayam petik biasanya berasal dari jenis A. hybridus (bayam kakap) dan bayam cabut terutama diambil dari A. tricolor. Jenis-jenis lainnya yang juga dimanfaatkan adalah A. spinosus (bayam duri) dan A. blitum (bayam kotok).
   Kandungan besi pada bayam relatif lebih tinggi daripada sayuran daun lain (besi merupakan penyusun sitokrom, protein yang terlibat dalam fotosintesis) sehingga berguna bagi penderita anemia.
   Beberapa kultivar A. tricolor memiliki daun berwarna merah atau putih dan dipakai sebagai tanaman hias, meskipun dapat pula disayur. Jenis tanaman hias lainnya adalah A. caudatus karena tandan bunganya berwarna merah panjang menggantung seperti ekor. Di tempat asalnya, bayam dimanfaatkan bijinya (bayam biji) sebagai sumber karbohidrat. Biji ini sekarang juga populer sebagai makanan diet karena tidak menyebabkan kegemukan.
Akar tunggang bayam juga dimanfaatkan sebagai obat. Kebanyakan digunakan oleh masyarakat sebagai salah satu alternatif memenuhi kebutuhan hidup.

Manfaat Bayam

1. Mengurangi radang
   Manfaat bayam pertama yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Dengan begitu, khasiat daun bayam dapat membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab peradangan. Pada penyakit seperti rheumatoid arthritis atau rematik, peradangan merupakan penyebab munculnya nyeri pada sendi.

2. Menjaga sistem kekebalan tubuh
   Berkat kandungan vitamin C, A, folat serta magnesiumnya, bayam dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Baik bagi penderita diabetes
   Bagi Anda yang mengalami diabetes, sepertinya Anda harus mendapatkan manfaat bayam. Bayam mengandung antioksidan yang dikenal sebagai asam alpha-lipoic, yang telah terbukti menurunkan kadar glukosa, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mencegah perubahan oksidatif, yang dipicu stres pada pasien diabetes. Selain itu, asam alpha-lipoic juga berguna untuk menurunkan risiko neuropati perifer dan neuropati otonom pada penderita diabetes.

4. Mencegahan kanker
   Beberapa penelitian menunjukkan bahwa sayuran hijau seperti bayam mengandung klorofil. Penelitian ini juga mengungkapkan, bahwa klorofil efektif dalam menghalangi efek karsinogenik. Karsinogenik adalah sebuah istilah yang menerangkan sifat dari zat-zat atau paparan bahan yang dapat memicu kanker (karsinogen). Jadi, manfaat bayam bisa mencegah kanker.

5. Mencegah anemia
   Manfaat sayur bayam bisa mencegah anemia karena bayam merupakan salah satu sumber asupan zat besi yang baik. Bayam juga mengandung oksalat yang dapat menghambat penyerapan zat besi bila dikonsumsi. Untuk menyiasatinya, Anda dapat mengonsumsi vitamin C yang dapat membantu penyerapan zat besi.

6. Menjaga kesehatan mata
   Selain wortel, manfaat bayam juga bisa menyehatkan mata. Kandungan karotenoid yang ditemukan pada bayam, seperti beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin, mampu melindungi Anda terhadap penyakit penglihatan terkait usia, misalnya rabun senja dan degenerasi makula.

7. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular
   Manfaat sayur bayam yang tidak disangka adalah kemampuannya menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. Ini karena bayam kaya akan serat dan mineral yang dapat menurunkan tekanan darah dan mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.
   Selain itu, khasiat bayam yang bisa didapatkan tubuh karena kandungan kaliumnya yang tinggi. Oleh karena itu, bayam dianjurkan untuk orang yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

8. Mencegah asma
   Sebuah penelitian mengungkapkan, anak-anak yang sering mengonsumsi bayam menunjukkan risiko yang lebih rendah untuk mengembangkan asma daripada mereka yang jarang mengonsumsi bayam. Manfaat bayam mampu menurunkan risiko asma berkat kandungan beta-karotennya.

9. Menyehatkan tulang
  Asupan rendah vitamin K dapat mengakibatkan risiko patah tulang yang lebih tinggi. Di dalam bayam juga terkandung vitamin K yang membantu menyerap kalsium oleh tulang sehingga tulang menjadi kuat.
  Oleh karena itu, konsumsi bayam cukup penting karena berfungsi sebagai pengubah protein matriks tulang, meningkatkan penyerapan kalsium, dan dapat mengurangi jumlah kalsium yang meninggalkan tubuh lewat urine.
   Manfaat sayur bayam untuk tulang juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis terutama bagi mereka yang sudah lanjut usia.

10. Menjaga kesehatan kulit
   Manfaat bayam yang satu ini pasti disenangi kaum wanita karena makan bayam bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Ini karena kandungan antioksidan pada bayam yang tinggi mampu memberikan perlindungan bagi kulit dari sejumlah radikal bebas yang Anda di lingkungan.

Kandungan Gizi Bayam

   Bayam mengandung energi sebesar 36 kilokalori, protein 3,5 gram, karbohidrat 6,5 gram, lemak 0,5 gram, kalsium 267 miligram, fosfor 67 miligram, dan zat besi 4 miligram.  Selain itu di dalam Bayam juga terkandung vitamin A sebanyak 6090 IU, vitamin B1 0,08 miligram dan vitamin C 80 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Bayam, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 71 %.

3. Sayur Pakis

   Paku sayur  merupakan sejenis paku/pakis yang biasa dimakan ental mudanya sebagai sayuran oleh penduduk Asia Tenggara dan kepulauan di Samudera Pasifik. Paku ini biasanya tumbuh di tepi sungai atau di tebing-tebing yang lembap dan teduh. Pemanfaatanya biasanya digulai ("gulai paku") atau dijadikan lalap setelah direbus terlebih dahulu. Konsumsi mentah tidak dianjurkan karena mengandung asam sikimat yang mengganggu pencernaan manusia. Paku sayur biasanya tidak dibudidayakan. Pedagang mencari di hutan atau kebun lalu dijual.

Manfaat Sayur Pakis

1. Menjaga sistem kekebalan tubuh
   Kandungan betakaroten yang ada pada sayur pakis ini sangat bermanfaat untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

2. Melancarkan proses metabolisme
   Kandungan betakaroten dan juga vitamin A pada sayur pakis bermanfaat untuk menjaga dan melancarkan sistem metabolisme pada tubuh.

3. Mencegah penyakit rematik
   Kandungan kalsium dan juga fosfor yang cukup tinggi pada sayur pakis sangat bermanfaat untuk menjaga dan mencegah rematik.

4. Menjaga kesehatan tulang
   Selain dapat mencegah rematik, kalsium dan juga fosfor merupakan salah satu manfaat sayur pakis untuk menjaga kesehatan tulang. Kecukupan fosfor dan juga kalsium dalam tubuh membuat sayur pakis ini mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

5. Membantu menyembuhkan luka
   Sayur pakis juga mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan pembentukan kolagen. Kolagen ini sangat besar pengaruhnya pada sel disemua jaringan ikat. Hal ini akan sangat membantu proses penyembuhan luka.

6. Mencegah penuaan dini
   Sayur pakis mempunyai kandungan flavonoid yang cukup tinggi. Kandungan ini membuat sayur pakis mampu mencegah terjadinya penuaan dini. Selain mencegah penuaan dini, senyawa flavonoid juga mampu mengatasi radikal bebas dalam tubuh.

7. Menjaga kesehatan mata
   Dalam 100 gr pakis terdapat sekitar 3617 IU vitamin A. Hal ini setara dengan 120% kebutuhan harian vitamin A. Vitamin A ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain menjaga kesehatan mata, vitamin A juga menjaga kesehatan kulit.

8. Mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi
   Manfaat sayur pakis18Sayur pakis mempunyai kandungan kalium 370 gr dalam 100 gr sayur pakis. Sayur pakis ini juga memenuhi 7% kebutuhan kalium tubuh. Kalium yang terkandunga dalam sayur pakis ini bermanfaat untuk mengurangi dan merelaksasikan jantung yang mana dapat membuat tekanan darah menjadi lebih rendah.

9. Cocok untuk diet
   Sayur pakis ini mempunyai kandungan kalori dan lemak yang cukup rendah. Hal ini sangat cocok untuk menambahkan sayur pakis dalam menu diet.

10. Pengendali hama atau pestisida alami
   Pakis mempunyai senyawa flicin yang mana senyawa ini mempunyai zat anti cacing. Pakis ini juga efektif untuk menghilangkan zat embrio serangga.

Kandungan Gizi Pada Sayur Pakis

   Daun Pakis mengandung energi sebesar 35 kilokalori, protein 4 gram, karbohidrat 6,4 gram, lemak 0,3 gram, kalsium 42 miligram, fosfor 172 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Daun Pakis juga terkandung vitamin A sebanyak 2881 IU, vitamin B1 0 miligram dan vitamin C 30 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Daun Pakis, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 70 %.


















Source:




Komentar

  1. Depo 20ribu bisa menang puluhan juta rupiah
    mampir di website ternama I O N Q Q
    paling diminati di Indonesia

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer