Daily Activity Final Semeter 5 (INDONESIA)

Daily Activity



   Assalamualaikum Warahmatullahi wabarakatuh



  Holla Guys !!! Pada minggu ini adalah minggu terakhir saya untuk semester 5, pada final ini sangat berbeda dari final terakhir saya karena final ini memiliki konsep festival. Jadi, Pak Ical ingin kita membuat festival makanan untuk siapa saja terutama orang-orang di luar dari kampus. Konsep akhir ini telah lama disampaikan kepada kami. Setelah Pak ical memberi tahu kami tentang konsep akhir ini, kelas saya langsung melakukan pertemuan internal untuk membuat komite inti.

   Dan hasilnya adalah saya dipilih menjadi ketua panitia pada acara ini. Dan wakil ketua panitia adalah Agung. Setelah pemilihan panitia, saya dan tim saya langsung berbicara tentang konsep festival. Dan kami mendapatkan hasil konsep tradisional, mengapa kami memilih konsep tradisional pada acara ini? Karena kami ingin mengajak masyarakat untuk melestarikan budaya tradisional dengan cara yang berbeda. Jadi secara tidak langsung ketika orang mengikuti atau bergabung dalam acara ini mereka telah berperan melestarikan budaya tradisional juga. Selain itu, pada acara ini kami memiliki konsep gerakan tanpa plastik pada acara ini, karena kami ingin berkampanye gerakan #SavePlastik. Karena konsepnya tanpa plastik, kami memilih kemasan bukan dari bahan plastik, menjadi bahan kertas agar lebih mudah terurai.


   Setelah kita mengkonsep acara tersebut, langkah selanjutnya adalah mengkonsep menu, dari konsep tradisional, kita harus memiliki sajian tradisional. Selain menu tradisional ini, kami memiliki hidangan modern dan hidangan fusion dari budaya tradisional yang dikombinasikan dengan budaya modern atau lainnya sehingga kami mendapatkan konsep hidangan baru. Setelah kami membuat konsep menu, kami mendapatkan hasil menu untuk acara ini. Ada 22 menu yang akan kami sajikan pada acara ini.

   Setelah itu, langkah selanjutnya adalah, saya dan tim saya Mengkonsep dekorasi, karena acara ini adalah festival makanan jadi saya dan tim saya memilih konsep karnaval untuk dekorasi, dan kami membuat dekorasi mulai dari nol. Setelah semua persiapan untuk dekorasi selesai, kita tinggal memasang di venue. Jadi kita harus siap untuk dekorasi karena kita tidak punya waktu untuk itu. Kami hanya punya waktu untuk membuat produk.


   Pada hari pertama di minggu acara, saya memberi tahu teman saya untuk menyelesaikan hal-hal dekorasi dan kemasan untuk setiap menu. Karena acara tersebut akan diadakan pada hari Kamis di minggu ini. Untuk hari Selasa dan Rabu kami menggunakan waktu ini untuk membuat dan menyelesaikan produk. Produk akan ditangani oleh semua tim, 1 tim akan membuat 2 hingga 3 produk. Pada setiap tim saya memberikan 3 anggota.

   Pada hari selasa kita mulai menyiapkan produk seperti biasanya, semua hal yang bisa disiapkan pada hari ini langsung kita siapkan, dan untuk bahan-bahan yang mudah rusak kita buat saja pada hari Rabu. Kami membuat semua hidangan sama seperti kami membuat makanan di praktis, seperti kami sous vide daging dan kami menggunakan semua teknik yang harus kita pelajari sebelumnya. Pada hari ini juga kita mulai mendandani venue mulai dari memasang spanduk, hingga memasang semua dekorasi dan lampu tumblr.


   Rabu, Pada hari ini kami fokus pada satu hal, ya, produk. Pada hari ini juga, vendor sinematografi akan mengunjungi dapur untuk mengambil video dan gambar. Setelah semua produk dipersiapkan dengan baik untuk hari ini, langkah selanjutnya adalah pergi ke venue dan memuat semua barang yang kami butuhkan di setiap bagian. Seperti kompor induksi, penggorengan, panci saus, dll. Untuk yang terakhir, kami melengkapi dekorasi dengan menyiapkan tempat duduk dan meja perayaan tradisional di area makan.

    Pada hari H, kami memulai persiapan untuk menyelesaikan semua hidangan pada jam 5 subuh. Setelah itu, kita akan memuat hidangan ke venue perlahan sampai jam 7 malam semua hidangan selesai dimuat di venue. Setelah itu, kami akan memberi pengarahan sebelum kami membuka acara untuk memberi tahu semua tim saya tentang alur kerja. Dan kemudian, kami pergi ke venue bersama dan berdiri di setiap bagian sambil menunggu direktur campuss untuk membuka acara. Jam 9 malam. Upacara Pembukaan dimulai dan untuk pertama adalah giliran saya untuk memberikan upacara pembukaan dan setelah itu direktur politeknik pariwisata memberikan upacara ucapan dan membuka acara sekaligus.


   Saat acara berjalan, saya masih mengendalikan kerja tim saya, ketika beberapa tim membutuhkan bahan isi ulang, atau membutuhkan peralatan dari dapur saya akan memberikan informasi kepada tim dapur saya yang siaga di dapur. Alhamdulillah sampai acara ditutup tidak ada masalah dan acara berjalan dengan baik. Setelah acara ditutup, langsung kami akan membersihkan peralatan dan mengeluarkan semua peralatan dapur dan kami bawa kembali ke dapur dari venue. Setelah itu kita membersihkan dapur dan briefing sebelum kita pulang. Jadi itu semua kegiatan saya pada minggu ini minggu terakhir saya. Terima kasih telah tetap tinggal di blog saya sekitar 2 tahun dan ini adalah aktivitas harian saya terakhir pada hari Kamis ini saya juga hari terakhir di dapur karena untuk semester berikutnya saya tidak lagi praktis di dapur. Sampai jumpa kawan !!!!
















Komentar

Postingan Populer