Famous Food (Caesar Salad And Nicoise Salad)


Caesar Salad


   Caesar salad merupakan salah satu jenis salad praktis yang sangat terkenal, jadi siapa yang tidak tahu salad yang satu ini, nama Caesar salad ini sesungguhnya tidak ada hubungannya dengan Julio Caesar, tapi nama ini lebih mengikuti nama penciptanya yaitu seorang imigran asal Italia yang memiliki restaurant dimeksiko dan Amerika Serikat yang bernama Caesar Kardini.
   Begitu seringnya caesar salad hadir di bagian menu salad, kita seakan hafal dengan tampilannya: selada romaine, taburan crouton, dengan mayones yang bercampur anchovy dan keju parmesan. 
   Walau populer di Amerika Serikat, salad ini lahir dari tangan koki Italia, Caesar Cesare Cardini. Ia dan sang kakak, Alessandro, hijrah dari Milan ke San Diego, dan mendirikan restoran Caesar's Restaurant di dekat perbatasan Tijuana, Meksiko. 
   Kesibukan restoran di hari kemerdekaan Amerika Serikat di tahun 1924, membuat stok bahan dapur menipis. Untuk mengatasi situasi yang tak menyenangkan, ia meracik hidangan dari apa pun yang tersisa. Untuk selada romaine yang ada, ia membuat basis termudah untuk salad, yakni mayones. Campuran kuning telur dan minyak zaitun ini ditambahkannbsp; dengan keju parmesan, bawang putih, dan worcestershire sauce. Salad yang lahir dari sebuah malam yang tak berjalan mulus itu justru disuka tamu. 
   Versi yang melibatkan anchovy, hadir dari tangan Alessandro. Rosa Cardini –anak Caesar- di suatu wawancara di tahun 1987, menyatakan bahwa ayahnya tak menyukai anchovy dikarenakan rasanya yang dapat ‘mengalahkan’ salad. Karenanya, sang ayah menggunakan worchestershire sauce, saus yang memang mengandung anchovy. 
Rosa telah membantu ayahnya membotolkan dressing ini sejak umur 10 tahun dan menjualnya di toko-toko.nbsp; Sebelum meninggal, Rosa cukup terkenal di AS sebagai pengambil alih bisnis dressing botolan Cardini’s. Pada tahun 1948, resep salad gaya Caesar dipatenkan tanpa bisa menggunakan nama Caesar salad yang pada saat itu sudah merebak ke mana-mana.
   Tidak akan terbayang sebelumnya jika makanan pembuka yang kaya serat dan baik bagi orang yang melakukan diet ini ternyata tercipta dari kejadian yang tidak terencana. Namun saat ini Caesar Salad sendiri telah banyak ditambahkan dengan bahan makanab lainnya, seperti bacon ataupun ayam.

·        Bahan Caesar Salad :
600 gr Romaine lettuce.
100 gr Caesar dressing.
80 gr bacon, dipanfry sampai crispy.
100 gr crouton.
40 gr permesan cheese, diparut.
8 biji tomat chery.

·        Cara membuat Caesar Salad:
Romaine lettuce dibersihkan dan dipotong sembarang. Bacon dicincang kasar. Tomat chery di belah dua.
Kemudian dicampur bersama dengan Caesar dressing hingga merata.
Tempatkan diatas piring kemudian ditaburi dengan crouton dan permesan cheese.
·        Bahan Caesar Dressing:
1 butir telur.
100 ml olive oil/minyak zaitun.
1 sdt perasan jeruk nipis.
2 sdm red wine vinegar.
1 biji bawang putih, dicincang halus.
1 sdt dijon mustard/ french mustard.
3 buah anchovy fillet, dicincang  kasar.
Garam dan merica secukupnya.

·        Cara membuat Caesar Dressing:
Rebus telur selama 1 menit, kemudian ambil kuning telurnya saja. Kemudian tempatkan pada sebuah wadah/bowl.
Kocok dan tambahkan olive oil,mustard, bawang putih, anchovy, red wine vinegar, jeruk nipis.
Bumbui dengan garam merica.

·        Cara membuat Crouton:
3 lembar roti tawar, dipotong kotak atau cube, campur dengan mentega cair dan cincangan bawang putih.
Masak di atas pan sampai berwarna kecokelatan.

·        Tips:
Selain sebagai appetizer, Caesar Salad dapat juga dihidangkan sebagai maincourse dengan porsi yang diperbesar.
Bila tidak suka bacon, dapat diganti dengan daging ayam.

Nicoise Salad

   Salade niçoise ( pengucapan bahasa Prancis: [ niswaz] ), la salada nissarda dalam dialek Niçard dari bahasa Occitan, adalah salad yang berasal dari kota Nice di Prancis. Ini secara tradisional terbuat dari tomat, telur rebus, buah Niçoise, ikan asin, dengan minyak zaitun . Telah populer di seluruh dunia sejak awal abad ke-20, dan telah dipersiapkan dan didiskusikan oleh banyak koki terkenal. Delia Smith menyebutnya "salah satu kombinasi terbaik dari bahan salad yang pernah ditemukan" dan Gordon Ramsay mengatakan bahwa "pastilah salad musim panas terbaik."
   Hal ini dapat disajikan baik sebagai salad yang dibuat. Ikan tuna yang baru dimasak atau kalengan dapat digunakan. Selama beberapa dekade, telah terjadi perselisihan yang signifikan antara tradisionalis dan inovator mengenai bahan mana yang harus dan tidak boleh disertakan dalam bayaran niçoise. Menurut tradisionalis, ini tidak termasuk sayuran yang dimasak. Saladnya bisa termasuk paprika merah mentah, bawang merah , hati artichoke dan sayuran mentah musiman lainnya. Kacang hijau mentah yang dipanen di musim semi, saat masih muda dan segar, bisa disertakan. Namun, kacang hijau dan kentang yang dimasak biasanya disajikan dalam variasi salades niçoise yang populer di seluruh dunia.

·        Bahan:

250 g kentang ukuran kecil, rebus, belah empat bagian
100 g zaitun hitam
100 g bawang bombay, kupas, iris tipis
2 kaleng (@ 185 g) tuna dalam minyak kalengan, tiriskan
100 g buncis mini, siangi, rebus sebentar dengan air garam
1 buah (150 g) selada bokor, sobek kasar
3 butir telur ayam rebus, kupas, iris
2 buah tomat merah, potong membujur 8 bagian
4 buah anchovy ***)

·        Saus:

125 ml minyak zaitun
5 lembar daun basil segar, cincang *)
1/2 sdt mustard Dijon **)
30 ml (2 sdm) air jeruk lemon
1 siung bawang putih, kupas, cincang halus
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk

·        Taburan:

Merica hitam bubuk

·        Cara membuat:

Saus: Campur semua bahan saus, aduk hingga semua bahan tercampur. Sisihkan.

Penyajian: Siapkan semua bahan isi. Atur semuanya dalam piring saji, siram dengan saus. Taburi merica hitam. Sajikan. (f)

*) Daun basil: Mirip  kemangi, hanya saja memiliki helaian daun yang lebih lebar dan aroma yang lebih tajam. Dijual di supermarket terkemuka di bagian sayuran segar.

**) Mustard Dijon: Mustard khas Kota Dijon, Prancis. Memiliki rasa dan aroma yang lebih tajam dibanding mustard biasa, dan tekstur yang agak kasar karena ada campuran
biji mustard-nya.

***) Anchovy: Sejenis ikan berukuran kecil (seperti teri) yang diawetkan dalam minyak. Rasanya asin dan sedikit amis. Dijual dalam bentuk fillet dalam kemasan kaleng kecil.




Source:





Komentar

Postingan Populer