Describe Ingredients (Beans Pt. 2)


Kacang Tanah

History

   Kacang tanah, kacang una, suuk, kacang jebrol, kacang bandung, kacang tuban, kacang kole, kacang banggala (bahasa Yunani: Arachis hypogaea L., bahasa Inggris: peanut, groundnut) merupakan tanaman polong-polongan atau legum dari famili Fabaceae, kedua terpenting setelah kedelai di Indonesia. Kacang tanah merupakan sejenis tanaman tropika. Ia tumbuh secara perdu setinggi 30 hingga 50 cm (1 hingga 1½ kaki) dan mengeluarkan daun-daun kecil.Tanaman ini adalah satu di antara dua jenis tanaman budidaya selain kacang bogor, Voandziea subterranea yang buahnya mengalami pemasakan di bawah permukaan tanah. Jika buah yang masih muda terkena cahaya, proses pematangan biji terganggu.
   Tanaman ini berasal dari Amerika Selatan tepatnya adalah Brazillia, namun saat ini telah menyebar ke seluruh dunia yang beriklim tropis atau subtropis Masuknya kacang tanah ke Indonesia pada abad ke-17 diperkirakan karena dibawa oleh pedagang-pedagang Spanyol,Cina,atau Portugis sewaktu melakukan pelayarannya dari Meksiko ke Maluku setelah tahun 1597 Pada tahun 1863 Holle memasukkan Kacang Tanah dari Inggris dan pada tahun 1864 Scheffer memasukkan pula Kacang Tanah dari Mesir Republik Rakyat Cina dan India kini merupakan penghasil kacang tanah terbesar dunia.
Kacang tanah terpusat di Pulau Jawa, Sumatra Utara, Sulawesi dan kini telah ditanam di seluruh Indonesia. Tanaman Kacang tanah bisa dimanfaatkan untuk makanan ternak, sedang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber protein nabati , minyak dan lain-lain.Sebagai tanaman budidaya, kacang tanah terutama dipanen bijinya yang kaya protein dan lemak. Biji ini dapat dimakan mentah, direbus (di dalam polongnya), digoreng, atau disangrai. Di Amerika Serikat, biji kacang tanah diproses menjadi semacam selai dan merupakan industri pangan yang menguntungkan. Produksi minyak kacang tanah mencapai sekitar 10% pasaran minyak masak dunia pada tahun 2003 menurut FAO. elain dipanen biji atau polongnya, kacang tanah juga dipanen hijauannya (daun dan batang) untuk makanan ternak atau merupakan pupuk hijau.
Nutrion
   Kacang tanah kaya dengan lemak, mengandungi protein yang tinggi, zat besi, vitamin E dan kalsium, vitamin B kompleks dan Fosforus, vitamin A dan K, lesitin, kolin dan kalsium. Kandungan protein dalam kacang tanah adalah jauh lebih tinggi dari daging, telur dan kacang soya. Mempunyai rasa yang manis dan banyak digunakan untuk membuat beraneka jenis kue.
   Kacang tanah juga dikatakan mengandung bahan yang dapat membina ketahanan tubuh dalam mencegah beberapa penyakit. Mengkonsumsi satu ons kacang tanah lima kali seminggu dilaporkan dapat mencegah penyakit jantung. Kacang tanah bekerja meningkatkan kemampuan pompa jantung dan menurunkan resoki penyakit jantung koroner. Memakan segenggam kacang tanah setiap hari terutama pesakit kencing manis dapat membantu kekurangan zat.
Kacang tanah mengandung Omega 3 yang merupakan lemak tak jenuh ganda dan Omega 9 yang merupakan lemak tak jenuh tunggal. Dalam 1 ons kacang tanah terdapat 18 gram Omega 3 dan 17 gram Omega 9.Kacang tanah mengandung fitosterol yang justru dapat menurunkan kadar kolesterol dan level trigliserida, dengan cara menahan penyerapan kolesterol dari makanan yang disirkulasikan dalam darah dan mengurangi penyerapan kembali kolesterol dari hati, serta tetap menjaga HDL kolesterol. Kacang tanah juga mengandung arginin yang dapat merangsang tubuh untuk memproduksi nitrogen monoksida yang berfungsi untuk melawan bakteri tuberkulosis.
   Kajian-kajian menunjukkan kacang tanah dapat sebagai penurun tekanan darah tinggi dan juga kandungan kolestrol dalam darah, berkesan untuk melegakan penyakit hemofilia atau kecenderungan mudah berdarah, penyakit keputihan dan insomnia.  Namun Kacang tanah sangat dicegah pada mereka yang menghadapi penyakit jenis kanker payudara dan yang mempunyai masalah jerawat atau acne juga dinasihatkan berhenti mengonsumsi kacang tanah.

Function

1. Baik bagi ibu hamil

   Asam folat pada kacang-kacangan perlu dikonsumsi bagi wanita hamil, apalagi diawal-awal kehamilan. Kandungan tersebut, memberikan pencegahan terhadap bayi lahir dalam kondisi cacat. Bagi wanita hamil mengkonsumsi berbagai jenis kacang-kacangan, diperlukan juga untuk perkembangan bayi seperti kandungan pada manfaat kacang merah dan manfaat kacang hijau.

2. Mengurangi rasa depresi

   Pada manfaat kacang tanah juga terdapat kandungan asam amino esensial dengan kandungan tryptophan yang dapat merangsang sorotonin mengendalikan mood tetap baik. Efek tryptophan menjadi anti depressant dan jika dikombinasikan dengan manfaat coklat, akan menjadi kolaborasi yang dapat memberi perasaan yang tenang dan menyenangkan.

3. Batu Empedu

   Setiap satu ons kacang tanah atau dua sendok makan selai kacang setiap minggu dapat menurunkan resiko dari batu empedu atau penyakit kandung empedu hingga 25%.

4. Kanker Usus Besar

   Kacang bisa mengurangi resiko kanker usus terutama pada wanita. Makan setidaknya 2 sendok selai kacang dua kali seminggu dapat mengurangi risiko kanker usus besar pada wanita hingga 58% dan pada pria hingga 27%.

5. Menjaga Berat Badan

   Wanita yang makan kacang atau selai kacang setidaknya dua kali seminggu cenderung rentan terhadap obesitas daripada mereka yang tidak. Memakan selai kacang setiap pagi dengan irisan roti, akan memberikan kesempatan untuk lebih sedikit mengalami kenaikan berat badan.

6. Mencegah Penyakit Jantung

   Konsumsi kacang tanah secara teratur dan dalam jumlah yang dianjurkan, sangat membantu menjaga kesehatan jantung. Pada kacang tanah terdapat asam oleat yang baik bagi jantung, yang menurunkan resiko kardiovaskuler yang menjadikan terjadinya penyakit jantung koroner. Optimalkan dengan tidak menggoreng kacangnya, sajikan dengan direbus atau dikukus.

Karakteristik

   Kacang tanah adalah tanaman tahunan dengan batang lurus sepanjang 30-50 cm. Daun majemuk, menyirip, panjang mengintai dengan empat helai daun masing-masing.Bunga biasanya berwarna kuning dengan garis kemerahan dan kelopak tubular, bergerombol dalam kelompok 2 sampai 6 bunga masing-masing.Ketika bunga di dasar tanaman dewasa, batang bunga yang panjang membungkuk dan menembus tanah. Setelah di dalam tanah, maka perkembangan akan berlanjut hingga menjadi buah (kacang). Ini merupakan ciri khusus dari spesies Hypogaea yg dalam bahasa Yunani berarti bawah tanah.Kacang tanah tumbuh di tempat yang hangat, dengan kelembaban tinggi, membutuhkan gembur.



Pistachio    

History

   KACANG PISTACHIO (Pistacia vera) atau dipanggil sebagai 'Pistachio Nuts' adalah sejenis tumbuhan kekacang dari keluarga Anacardiaceae yang popular. Kacang Pistachio yang siap diproses dan dijual didalam paket harganya agak mahal untuk kita di Malaysia membelinya berbanding dengan jenis-jenis kacang lain yang dijual di pasaran. Apakah kerana susah untuk menanam dan serta menghasilkannya?. Apakah dia keistimewaan kacang pistachio ini ?. Dimana dan bagaimana pokok kacang pistachio ini banyak ditanam?. Apakah cara pengurusan penanaman kacang pistachio?. Apa yang saya pasti adalah kacang ini memang sangat sedap dimakan dengan rasa lemak dan masin dimana semua gulungan daripada kanak-kanak sehingga dewasa didapati amat menggemarinya.
   Asal usul kacang pistachio ini sebenarnya dari kawasan Iran dan juga Iraq dimana ianya ditanam semanjak zaman dulukala di Taman Tergantung Babylon sebagai tanaman eksotik. Pengeluaran kacang pistachio ini sebanyak 945,000 metrik tan setahun dengan negara Iran merupakan pengeluar utama kacang ini sebanyak 450,000 mt setahun (hampir separuh bekalan dunia). Negara lain yang ada menanam dan menghasilkan kacang pistachio adalah USA (236,000 mt/tahun) dan Turki (128,888 mt/tahun). Negara lain adalah seperti Syria, China, Itali, Greece dan Afghanistan yang mengeluarkan kurang dari 50,000 mt/tahun. Bagaimana pun produktiviti pengeluaran kacang pistachio tertinggi di USA terutama dikawasan California dengan kadar 4.2 mt/ha berbanding dengan produktiviti di Iran cuma 1.2 mt/ha sahaja. Artikel subuh sabtu ini saya menulis dalam "Anim Agro Technology" mengenai kacang pistachio untuk menambahkn lagi ilmu pengetahuan anda semua yang membaca blog saya.
   Pokok Pistachio merupakan pokok saka yang mempunyai batang, dahan , ranting dan akar dalam (Lihat foto sebelah). Ia perlukan kawasan panas dan sejuk dimana suhu -10 celcius sehingga musim panas. Pokok pistachio tahan pada tanah yang agak masin(high salinity) walau pun kandungan aie mengandungi garam 3,000 -4,000 ppm. Keadaan suhu sejuk dengan kelembapan tingi bagaimana pun boleh menyebabkan  masaalah serangan reput akar.
   Rakan saya yang berpeluang melawat Iran tahun lepas ada menceritakan bagaimana pokok kacang pistachio ditanam dikawasan berbukit dibahagian utara Iran dengan banyaknya walau pun diuruskan secara konvensional. Itulah sebabnya kadar produktiviti agak rendah di Iran berbanding dengan kaedah pengurusan penanaman kacang pistachio di USA yang moden dengan produktiviti sehingga 4 kali ganda.
   Tanaman ini boleh mencecah ketinggian sehingga 10 meter (30 kaki) jika tidak dijalankan program cantasan. Daunnya adalah berbentuk pinnate dengan kedudukan bertentangan antara daun dan berwarna hijau. Saiz dun diantara 8 - 10 cm panjang dengan lebar daun 3 - 5 cm. Bunga kacang pistachio keluar selepas musim sejuk atau pun musim bunga dimana daun-daun pokok masih gugur dan di USA jika dilihat musim bunga akan kelihatan pokok ada bunga sahaja.
   Bunga berwarna putih dengan 5-6 kelopak dan kembang untuk menjalankan pendebungaan (Lihat foto bunga disebelah). Bunga dan buah terbit dari satu jambak dengan banyak buah yang dipanggil sebagai 'drupe'. Buah yang masak mempunyai lapisan kulit luar berwarna putih krim yang sangat keras dan isinya dibahagian dalam merupakan bahagian yang dimakan mempunyai pelbagi warna(lazimnya hijau), saiz dan bentuk mengikut varieti. Kebanyakan bentuk buah kacang pistachio adalah mempunyai bentuk bulat lonjong dengan bahagian hujung tang tirus tajam.
Pokok yang berumur 8 - 10 tahun mula mengeluarkan hasil dengan kaedah menuai menggunakan tangan memetik buah kacang ini.
   Di negara maju seperti USA penggunaan alat jentera menuai kacang pistachio telah digunakan di California dimana  alat tersebut (Lihat foto sebelah)  mampu mengegarkan pokok dan biji kacang pistachio akan gugur seterusnya dikutip dalam sistem 'belting conveyor'. Hasil kacang ini dikumpulkan dan diproses untuk dijadikan pelbagai produk berasaskan kepada kacang pistachio. Kajian menunjukkan satu pokok matang pistachio mampu menghasilkan sehingga 50 kg sepokok  setahun. Kacang pistachio yang dituai ini akan di jemur dibawah sinaran matahari atau menggunakan alat pengering khas menggunakan eletrik. Seterusnya pistachio akan dimasak (roasted) dan diberikan perasa garam masin sebelum dibuat pembungkusan. Kacang pistachio dipasarkan keseluruh dunia dengan bungkusan kedap udara untuk ketahanan dan kualiti yang tahan lama.
Nutrion
   Ada begitu banyak nutrisi yang terkandung dalam kacang pistachio. Kacang pistachio mengandung karbohidrat, lemak, serat makanan, protein, luthein dan zeaxanthin. Kandungan vitaminnya, meliputi vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, C, E dan vitamin K. kacang pistachio juga mengandung banyak mineral, seperti fosfor, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, tembaga, seng, serta mangan.
http://necturajuice.com/kandungan-nutrisi-dan-manfaat-pistachio-untuk-kesehatan/



Function

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

   Pistachio merupakan salah satu jenis makanan yang harus anda konsumsi bila anda menderita gangguan jantung. Pistachio dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL di dalam darah. Selain itu, pistachio juga mengandung lemak baik dan dapat membantu meningkatkan kadar HDL di dalam tubuh. Pistachio merupakan salah satu sumber asam lemak tidak jenuh tunggal seperti asam oleat yang merupakan antioksidan kuat. Pistachio sama sekali tidak mengandung natrium yang membuatnya sangat baik bagi penderita penyakit jantung. Pistachio juga mengandung vitamin A, vitamin E, dan lutein yang dapat membantu menurunkan akumulasi plak lemak di dalam pembuluh darah dan meningkatkan kerja sistem kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Selain itu, berbagai antioksidan ini juga dapat mengurangi oksidasi LDL.

Mencegah Kanker

   Karoten dan vitamin E yang terdapat di dalam pistachio dapat membantu melindungi tubuh anda dari berbagai efek oksidatif radikal bebas yang berbahaya. Pistachio juga mengandung gamma tokoferol yang dapat menghambat penetrasi berbagai radiasi berbahaya di dalam kulit. Konsumsi pistachio dapat membantu mencegah terjadinya kanker kulit, kanker prostat, dan kanker paru.

Melindungi Sistem Saraf

   Pistachio mengandung banyak vitamin B6 yang dapat membantu pembentukan asam amino yang pada akhirnya akan berfungsi sebagai neurotransmiter. Mielin (selaput pembungkus saraf) juga dibentuk dari vitamin B6, yang berfungsi untuk membantu proses penghantaran sinyal saraf.
   Serotonin, melatonin, dan GABA juga dibentuk dari vitamin B6. Ketiganya berfungsi untuk mengurangi stress di dalam sistem saraf. Selain itu, pistachio juga mengandung sedikit tembaga yang penting dalam proses transmisi saraf.




Membantu Menjaga Berat Badan

    Pistachio mengandung banyak lemak baik dan cukup banyak kalori. Lemak baik ini dapat larut di dalam air sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan. Pistachio juga mengandung protein yang dapat membantu membakar lemak. Konsumsi pistachio juga dapat membuat anda merasa kenyang sehingga membuat anda tidak makan dalam jumlah berlebihan sehingga dapat mencegah terjadinya obesitas dan peningkatan berat badan.

Karakteristik

   Dari segi penampilan, biji kacang pistachio sedikit mirip dengan kacang almond meskipun warnanya kehijauan. Warna hijau ini membuat pistachio sering disebut pula dengan green almond. Tampilan kacang ini mirip kacang almond namun terbungkus kulit keras berwarna putih kekuningan.
   Biji kacang pistachio berwarna kehijauan dengan lapisan kulit ari berwarna kemerahan. Kulit pistachio yang keras akan terbuka di bagian tengah sehingga biji kacang akan mengintip ditengahnya. Jika kacang pistachio yang terbuka di bagian pinggir kulit, jangan coba-coba membuka kacang ini menggunakan gigi karena kulitnya benar-benar keras. Teknik untuk membukanya adalah dengan menggunakan setengah bagian kulit kacang pistacio untuk mencungkilnya.


Kacang Hijau

History

   Kacang hijau merupakan tanaman berbentuk semak yang tumbuh tegak. Tanaman kacang hijau diduga berasal dari India, kemudian menyebar ke berbagai negara Asia tropis, termasuk ke Indonesia di awal abad ke-17. Di Indonesia, kacang hijau juga dikenal sebagai tanaman sayur semusim. Kacang hijau atau  (Vigna radiata) berasal dari famili pabaceae alias polong-polongan,  kacang hijau dan kecambahnya banyak  manfaat bagi kesehatan. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan merupakan sumber mineral  penting seperti kalsium dan foepor dan sangat diperlukan tubuh. Sementara itu kandungan lemaknya merupakan asam lemak  tak jenuh sehingga  aman  dikonsumsi oleh orang-orang dengan   masalah obesitas.
   Kacang hijau termasuk jenis tanaman yang relatif  muda  termasuk tanaman yang relatif mudah untuk ditanam  tanaman tidak tergantung pada iklim tertentu dengan memperhatikan kecukupan faktor-faktor ekternal seperti air dan mineral,kelembaban, suhu serta  cahaya kacang hijau dapat tumbuh dengan baik
Salah satu faktor pertumbuhan dan perkembangan kacang hijau adalah air dan kelembaban. Berdasarkan hal tersebut  kelompok kami pun tertarik untuk  meneliti “Pengaruh  Volume Air dan  Kelembaban terhadap  Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman Kacang Hijau.

Nutrion

Kaya Vitamin
Kacang hijau mengandung asam folat sebesar 159 µg/100 gr dan vitamin B1 sebesar 0,2 mg/100 gr. Tidak hanya itu, kacang hijau juga dilengkapi dengan riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin, yang berguna membantu fungsi metabolisme dan organ tubuh.

Sumber Mineral
Kacang hijau kaya akan mineral. Dalam 100 gram kacang hijau terdapat potasium (266 mg), fosfor (99 mg), mangan (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), zat besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).

Kaya Protein
Kacang hijau bisa menjadi sumber protein alternatif bagi para vegetarian. Kandungan protein dalam setiap 100 gr kacang hijau sebesar 7 gr protein. Protein dalam kacang hijau memiliki profil asam amino lengkap dan dapat diserap tubuh lebih cepat. Protein berguna dalam membantu pembentukan sel-sel otot, mempercepat pemulihan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu Anda kenyang lebih lama.

Kaya Serat
Kandungan serat dalam 100 gr kacang hijau sebesar 7,6 gr serat. Jumlah ini dapat memenuhi kebutuhan serat harian sebesar 30 persen. Serat bermanfaat dalam menjaga fungsi saluran cerna, mencegah sembelit, dan membantu menurunkan kolesterol.

Kaya Omega-3
Kacang hijau juga diperkaya dengan Omega-3 sebesar 0,9 mg/100gr dan Omega-6 sebesar 119 mg/100gr. Seperti kita ketahui bahwa asam lemak esensial ini berguna untuk menurunkan kolesterol dan menjaga kesehatan jantung.

Function

Membantu Penyerapan Nutrisi

   Penelitian mengungkapkan bahwa kekurangan vitamin B1 menyebabkan metabolisme melambat sehingga proses penyerapan nutrisi dari makanan tidak berjalan maksimal. Kandungan vitmin B1 dan enzim-enzim aktif pada kacang hijau dapat memperbaiki kondisi ini dengan meningkatkan penyerapan nutrisi dan metabolisme tubuh.

Mencegah Penyakit Jantung

   Kacang hijau mengandung serat tinggi yang berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk di dalam usus, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, sehingga efektif untuk mencegah penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke.

Mencegah Anemia
   Diperkaya dengan zinc dan zat besi menjadikan kacang hijau sebagai makanan pilihan untuk mengatasi anemia, membantu keseimbangan hormon dan sistem kelenjar, serta menjaga metabolisme tubuh.

Membantu Pertumbuhan

   Kacang hijau mengandung protein lengkap yang membantu pertumbuhan dan pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot, dan otak.

Karakteristik

   Kacang hijau merupakan tumbuhan hijau yang berasal dari India dan menyebar ke Indonesia kira-kira pada awal abad ke 17.   tanaman ini berupa semak yang tumbuh tegak dan memiliki daya tahan dengan hawa kering serta dapat tumbuh pada kondisi tanah yang kurang subur. selain itu tanaman ini juga dikenal tahan akan serangan hama dan penyakit dan budidaya tanaman ini juga cukup mudah. tanaman ini tersebar hampir di seluruh daerah Indonesia namun hanya ada beberapa daerah yang menghasilkan kacang hijau dalam jumlah besar seperti daerah Sulawesi Selatan, Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Nusa Tenggara barat, Nusa Tenggara Timur, dan DI Yogyakarta. tumbuhan ini termasuk kedalam jenis tanaman yang memiliki banyak manfaat  dan memiliki struktur atau bagian-bagian yang terdapat pada tanaman hijau lainnya seperti akar, batang, daun, bunga,buah dan biji. akar kacang hijau berakar tunggang dengan sistem perakaran Mesophyte dengan cabang akar tersebar  dan Xerophyte dengan cabang akar menjulur ke bawah permukaan dan memiliki jumlah yang sedikit dibandingkan dengan Mesophyte.
   Batang kacang hijau berbentuk bulat dan berbuku-buku berukuran kecil, berbulu berwarna hijau kemerahan atau kecoklatan. stiap buku yang terdapat pada batangnya memiliki satu tangkai daun. tumbuh tegak dan umunya batang tanaman ini tumbih hingga mencapai 1m dan cabangnya menyebar kesemua arah.
Daun tanamana kacang hijau tumbuhnya majemuk. umunya terdapat 3 helai daun pada satu tangkai. helai daunnya berbentuk oval dan bagian ujungnya lancip. warnanya helai daunnya ada yang hijau dan ada pula yang hijau tua.
   Bunga tanaman kacang hijau memiliki bentuk yang unik kurang lebih seperti bentuk kupu-kupu dan warnanya kuning pucat. jenis bunganya termasuk hermaprodit atau berkelamin sempurna. proses penyerbukan terjadi pada malam hari sehingga bunganya akan mekar pada pagi hari dan sore hari akan menjadi layu.
Buah tanaman kacang hijau bentuknya polong panjangnya bisa mencapai sekitar 5 - 6 cm per polong. pada setiap polong berisi 10 -15 butir biji. polong yang masih muda berwarna hijau, setelah tua berubah menjadi kecoklatan atau kehitaman.
   Biji tanaman kacang hijau bentuknya bulat, ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan biji pada kacang kedelai. beratnya bisa mencapai kira-kira 0,5 - 0,8 mg perbutir. biji dari tanaman ini lebih banyak dimanfaatkan untuk bahan makanan yang sangat bermanfaat dan khasiat.





source


Komentar

Postingan Populer